Maret-KaleidoskopBulan ini, kami mempunyai beberapa berita inti seputar industri telekomunikasi nasional. Pada sisi regulasi, aksi Kominfo yang memblokir 19 situs menuai respon beragam dari netizen. Lalu pada sektor perangkat, bulan Maret pasar Indonesia kedatangan BlackBerry Classic, Sony Xperia E4, Lenovo new ThinkPad series.

REGULASI

Pemblokiran Situs Radikal

Ilustrasi blokir situs internet
Ilustrasi blokir situs internet

Aksi blokir belasan situs Islam yang dianggap radikal oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berujung protes dan perlawanan di kalangan netizen Indonesia. Beberapa praktisi internet seperti Onno W Purbo menyesalkan tindakan ini. Sebagai respon dari protes tersebut, Kominfo kemudian membentuk Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif.

Permen TV Digital Dibatalkan

Ketua Majelis Hakim (KMH) PTUN Jakarta mengabulkan gugatan terhadap Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 22 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan TV digital yang diajukan oleh Asosiasi Televisi Jaringan Indonesia (ATJVI). Meski demikian, Menkominfo Rudiantara menegaskan bahwa rencana digitalisasi TV ini akan terus berjalan. Bahkan berencana untuk melakukan banding.

Pemerintah dan DPR Kompak Hadapi Amerika Soal TKDN

Belum juga diterapkan, aturan Total Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen yang harus dipenuhi oleh produsen ponsel global jika ingin memasarkan ponsel 4G di Indonesia, sudah menuai protes dari Amerika. Meski demikian pemerintah dan DPR kompak akan tetap menjalankan aturan tersebut.

OPERATOR

TELKOMSEL

Layanan 4G LTE Telkomsel Hadir di Lima Kota

SPG Telkomsel menawarkan kartu 4G kepada pelanggan
SPG Telkomsel menawarkan kartu 4G kepada pelanggan

Medan menjadi kota ke-lima yang bisa menikmati layanan 4G LTE Telkomsel setelah Jakarta, Bali, Bandung, dan Surabaya. Tingginya kebutuhan akan akses data yang lebih cepat di Indonesia terlihat dari animo pelanggan yang melakukan migrasi ke layanan Telkomsel 4G LTE, dimana sejak pertama kali diluncurkan Desember 2014 lalu, jumlah pelanggan Telkomsel 4G LTE telah menembus angka 210 ribu pelanggan.

Telkomsel Hadirkan Situs Mobile Cari Tau

Rendahnya pertumbuhan pengguna layanan data ini sebagian besar disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan smartphone alias gaptek (gagap teknologi). Untuk mengedukasi masyarakat mengenai penggunaan smartphone ini Telkomsel menghadirkan mobile site CariTAU. Di mobile site CARITAU ini pelanggan Telkomsel akan mendapat informasi mengenai manfaat internet, smartphone populer, video tutorial, pengaturan internet, aplikasi teratas serta paket internet Telkomsel.

Bisa Beli Lagu di BBM Shop

Setelah dapat membeli konten aplikasi di Google Play Store lewat layanan carrier billing, pelanggan Telkomsel kini dapat menggunakan BBM Shop untuk mengakses LangitMusik MP3 dan mengaktifkan pilihan nada sambung pribadi (NSP). Layanan tersebut dihadirkan berkat kerjasama Telkomsel dengan BlackBerry yang memungkinkan pelanggan untuk membeli konten musik langsung dari BBM di ponsel Android atau BlackBerry.

Telkomsel Salurkan Zakat Karyawan Sebesar Rp400 Juta

Telkomsel menyalurkan zakat karyawannya yang dihimpun melalui Majelis Talim Telkomsel (MTT) senilai Rp455.698.467 kepada  Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina (KNRT), ACT (Aksi Cepat Tanggap), RSIA Ibnu Sina Jakarta, SMK Juara Peternakan Subang dan Beasiswa Anak Asuh. Zakat yang terkumpul tersebut merupakan hasil pemotongan 2,5% penghasilan karyawan Muslim Telkomsel serta infaq dan shodaqoh melalui sistem payrool setiap bulannya.

XL AXIATA

XL Relaunch Merek Axis

Dian Siswarini, Wakil Direktur Utama XL Axiata (kiri) dan Act Direktur/Chief Revenue & Customer Management XL Rashad Javier Sanchez (kanan). Foto: Hendra/Selular.ID
Dian Siswarini, Wakil Direktur Utama XL Axiata dan Act Direktur/Chief Revenue & Customer Management XL Rashad Javier Sanchez (Foto: Hendra/Selular.ID)

Saat XL resmi mengakuisisi Axis, banyak yang memperkirakan operator terbesar kedua di Tanah Air tersebut akan menghilangkan Axis dari peredaran. Justru XL menjadikan Axis sebagai senjata baru, untuk meraih pasar yang lebih besar lagi sehingga perlu  relaunching brand yang diakuisisi untuk membidik segmen menengah ke bawah.

 

 

Program XL Future Leaders 4

Sejak dimulai tahun 2012 lalu, Program XL Future Leaders telah merekrut sekitar 400 peserta mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. XL Future Leaders Tahun 2015 ini menyediakan 145 tempat bagi mahasiswa yang lolos seleksi dalam tiga tahap. XL juga memberikan kesempatan khusus bagi mahasiswa putra daerah Kawasan Timur Indonesia (KTI) untuk bisa menerima manfaat dari Program XL Future Leaders.

XL Gelar LTE 4G di Bali

Sebagai destinasi wisata dunia, Bali menjadi pasar yang seksi bagi operator selular untuk menghadirkan layanannya. Dengan menguasai 45 persen pangsa pasar di Pulau Dewata ini, XL akhirnya menghadirkan layanan internet cepat 4G LTE nya. Untuk menghadirkan layanan internet cepat di Bali ini pada tahap awal, XL menyediakan 25 BTS 4G. Sejak layanan 4G diluncurkan pada akhir Oktober tahun lalu, pelanggan 4G XL sudah mencapai hingga 30 ribu.

Solusi Usahawan untuk UKM di Yogyakarta

Guna mendorong UKM dalam meningkatkan produktivitasnya, khususnya yang berada di Yogyakarta, XL menyediakan solusi komputasi awan yang diberi nama XCloud Usahawan 1.0. Fasilitas web yang ada memiliki kemampuan untuk dapat langsung dikonversikan menjadi media e-commerce ataupun sebagai forum blog. Solusi ini juga menyediakan fasilitas email dan penyimpanan data.

Kantor XL di Yogyakarta Dieksekusi Pengadilan

Juru Sita Pengadilan Negeri Yogyakarta melakukan eksekusi atas Grha XL Mangkubumi di Yogyakarta. Meski berusaha menolak penyitaan, namun eksekusi tetap dilakukan. Sehingga layanan dipindahkan ke lokasi Gedung Puri VADS , Jl.Adi Sucipto No 163 Yogyakarta.

INDOSAT

Indosat dan Tata Communications Berkolaborasi Garap Pasar Korporat

Tata Communications dan Indosat akan menyediakan beragam  layanan ICT melalui peningkatkan kapabilititas cakupan jaringan global. Hal ini guna memenuhi kebutuhan layanan ICT bagi korporasi global yang semakin meningkat. Portofolio layanan tersebut mencakup Global Network, Value Added Services, Unified Communications dan solusi khusus untuk berbagai industri.

Pelanggan Dapat Proteksi Kesehatan

Untuk memperluas penetrasi layanan e-money-nya, Indosat Dompetku menggandeng perusahan asuransi Cigna Indonesia menghadirkan layanan asuransi kesehatan yang diberi nama Proteksi Sehatku. Layanan itu memberikan santunan harian rawat inap di rumah sakit bagi pelanggan Indosat yang terkena penyakit Demam Berdarah, Demam Thypoid, dan Hepatitis A sebesar 200.000 rupiah dan santunan meninggal dunia sebesar 2.000.000 rupiah karena ketiga penyakit tersebut.

Indosat Gelar Kompetisi Catur Online Secara Simultan

Kompetisi Catur Online Indosat mendapat Rekor Muri
Kompetisi Catur Online Indosat mendapat Rekor Muri

Indosat menggelar kompetisi catur online secara simultan bertajuk Indosat Grand Master Chess Match. Kompetisi yang diklaim terbesar di Indonesia dan dunia ini mempertemukan seorang Woman Grand Master Indonesia berprestasi, Medina Warda Aulia, melawan 650 pecatur muda dari seluruh Indonesia. Kompetisi ini juga akan tercatat dalam Rekor MURI sebagai kompetisi catur online terbesar atau dengan peserta terbanyak dalam sejarah.

Indosat Sumbang Pelanggan Terbanyak ke Ooredoo

Induk usaha Indosat, Ooredoo sekarang ini telah memiliki pelanggan yang melampaui 100 juta orang di seluruh daerah operasionalnya di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Indosat menjadi anak perusahaan yang memberikan kontribusi jumlah pelanggan terbesar terhadap total jumlah pelanggan Ooredoo Group.

Carrier Billing Indosat Layani 200 Transaksi

Sejak diluncurka pertama kali pada akhir 2014 hingga saat ini,tercatat ada sekitar 200 ribu transaksi yang dilakukan oleh pelanggan Indosat dalam penggunaan layanan carrier billing di Google Play Store. Dan hingga saat ini ada sekitar 100 ribu pelanggan Indosat yang sudah memanfaatkan layanan ini.

Indonesia Mobile Exchange (IMX)

Indosat merilis Indonesia Mobile Exchange (IMX), sebuah teknologi platform untuk digital mobile advertising dengan Real-Time Bidding (RTB) yang pertama di Indonesia. IMX ini merupakan hasil kerjasama Indosat dengan Smaato, perusahaan yang bergerak dalam bidang Ads Exchange dengan platform RTB global melalui kemitraan (joint venture).

SMARTFREN

Smartfren Menjadi Salah Satu Investor di Cyanogen

Ilustrasi Smarfren dan Cyanogen
Ilustrasi Smarfren dan Cyanogen

Smartfren diketahui turut menanam investasi melalui pendanaan seri C untuk perusahaan pembuat custom ROM Android, Cyanogen. Selain Smartfren, tercatat sejumlah perusahaan besar lain yang ikut serta dalam pendanaan tersebut. Dari pendanaan tersebut terkumpul dana sebesar 80 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,036 triliun yang akan digunakan Cyanogen untuk “mengulik” Android.

Kisah Smartfren Menantang Hegemoni The Big Three

Sebuah kolom opini yang ditulis oleh Uday Rayana, CEO Selular Media Group, mengamati kiprah bisnis Smartfren yang eksis hingga kini bersaing dengan operator tiga besar.

VENDOR

BlackBerry Classic Dibanderol Rp5,6 Juta

BlackBerry Classic (Foto: Bambang/Selular.ID)
BlackBerry Classic (Foto: Bambang/Selular.ID)

Produsen ponsel asal Kanada resmi menghadirkan BlackBerry Classic ke pasar Indonesia. Mirip seperti Bold 9900, BB Classic juga mengandalkan keyboard berdesain sculting, trackpad, dan navigation key. BlackBerry Classic menargetkan segmen menengah. Dalam memasarkan ponsel bergaya klasik ini, BlackBerry menunjuk Telkomsel dan distributor Teletama Artha Mandiri (TAM). Smartphone ini bisa didapat dengan kisaran harga Rp5.599.000.

Sony Rilis Smartphone Xperia E4

Pertengahan Maret, Sony merilis smartphone terbaru di Tanah Air, Xperia E4. Produk anyar ini dibandrol dengan harga Rp 1.9 juta, dan disiapkan Sony untuk bertempur di kelas menengah ke bawah. Ponsel ini berbobot 147 gram dibekali fitur dual-SIM dengan kartu selular berjenis microSIM. Memiliki dua pilihan warna, hitam dan putih, Xperia E4 mulai tersedia di pasar Indonesia sejak 13 Maret 2015.

Duo Lumia Microsoft Resmi Hadir Di Indonesia

Microsoft Lumia Indonesia sudah mengumumkan kehadiran resmi dari dua smartphone paling terjangkau saat ini, Lumia 435 Dual SIM dan Lumia 532 Dual SIM. Sistem operasi kedua ponsel itu sudah disuntikkan Windows Phone 8.1 dengan Lumia Denim. Baik Lumia 435 Dual SIM maupun Lumia 532 Dual SIM sudah tersedia di pasar dalam negeri, dengan masing-masing harga Rp1.099.000 dan Rp1.299.000.

Rangkaian Produk Baru yang Diluncurkan Lenovo

Di bulan Maret kemarin, ada beberapa produk yang ditelurkan Lenovo di Indonesia. Di kategori tablet dan notebook, terdapat tiga model generasi terbaru dari rangkaian ThinkPad Series. Ketiganya adalah New ThinkPad X1 Carbon, New ThinkPad Helix, dan New ThinkPad Yoga. Harganya  Rp27 juta untuk X1 Carbon, Rp15 juta untuk Yoga, dan Rp19,5 juta untuk Helix. Kemudian di sektor ponsel, ada Lenovo A6000 yang laris dijual di Lazada dan juga Lenovo P70 yang mengandalkan baterai awet.

e-commerce

Lazada Berusia Tiga Tahun

Ilustrasi Ulang Tahun Lazada ke-3
Ilustrasi Ulang Tahun Lazada ke-3

Menginjak usia ketiga, Lazada Indonesia menggelar pesta diskon hingga 90 persen yang sayang bila Anda lewati. Pesta diskon besar-besaran ini berlangsung selama tiga hari ke depan, mulai 24 sampai 16 Maret 2015, dengan menawarkan sejumlah program menarik meliputi flash sale, hot deals, partner offers, dan sales on apps.

 

Situs E-Commerce Favorit Pilihan Pembaca

Selular.ID mengadakan polling untuk mengetahui apa situs e-commerce yang menjadi favorit konsumen. Ada delapan situs besar yang menjadi pilihan. Hasilnya sudah bisa ditebak, Lazada menjadi situs yang paling disukai. Sebanyak 36,45% memilih situs yang baru berdiri pada 2012 tersebut.