
Jakarta, Selular.ID – Zalora Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak toko online yang memanfaatkan peluang di balik pertumbuhan pendapatan kelas menengah yang terus meningkat. Dengan alasan memudahkan kelola dan pengawasan, Zalora sudah membangun warehouse sebagai cara jitu untuk menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggannya. Selular.ID hari ini (4/3/2015) berkesempatan melakukan kunjungan ke warehouse Zalora yang berlokasi di Jl Regalia, Cijantung, Jakarta Timur.
Warehouse Zalora menyuguhkan pemandangan tumpukan barang di rak dan hilir-mudik pegawai. Di area seluas 15.000m persegi ini, para karyawan Zalora Indonesia dibagi dalam beberapa tugas mulai dari mengecek item dari supplier, memberikan barcode yang memudahkan penyimpanan, menyimpan barang di rak, mengambil barang pesanan, mengemas produk yang akan diantar, hingga melakukan pengiriman oleh driver.
Warehouse bukan hanya untuk pengemasan barang saja, tapi juga melakukan semua pengiriman dan refund/return bila ada keluhan dari pelanggan. “Total ada 60 pickers dari kita. Untuk pengembalian barang, kami terima tak lebih dari 30 hari setelah barang diterima,” tutur Fredrik Thomassen, CEO Zalora Indonesia, kepada Selular.ID.
Saat ini Zalora menjual lebih dari 680 brand dengan jumlah lebih dari 30.000 ribu jenis produk. “70 persen berasal dari lokal dan 30 persen lainnya brand internasional,” urai Fredrik.
Zalora mencatat 1.000-1.200 transaksi per hari untuk kisaran harga barang puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Karena Zalora hanya fokus di kategori fashion, maka barang yang bisa ditemui di warehouse antara lain busana, sepatu, tas, hingga kosmetik, baik untuk wanita maupun pria. (bda)