“Intensitas carding perlahan-lahan berkurang seiring meningkatnya keamanan yang dikembangkan oleh bank-bank di Indonesia. Namun, kini modusnya melalui phising dan penipuan (fraud) via telepon. Edukasi para pengguna Internet harus dimulai sejak dini dan merata,” kata Ivan W Hudyana, Head of Marketing Blibli.com.
Seperti diketahui, Blibli.com kini melayani pembayaran melalui berbagai payment gateway, termasuk dari KlikPay BCA, KlikBCA, kartu kredit, ClickPay Mandiri, hingga transfer ke Virtual Account, ditambah dengan fasilitas Cicilan 0% dengan Visa dan MasterCard BCA.
Ke depannya, bank-bank akan memperkuat keamanannya khusus untuk transaksi jual beli online. Sementara itu, Blibli juga akan menunjangnya dengan pilihan sistem pembayaran yang aman dan nyaman bagi pelanggannya. “Sekarang sebagian masyarakat, khususnya pelanggan yang mature, mulai bermigrasi ke dunia maya. Untuk itu, edukasi untuk keamanan bertransaksi harus tetap jalan,” pungkas Ivan.
Hari ini, Blibli.com memiliki 200 merchant aktif dari 300 merchant yang terdaftar sebagai mitra, di antaranya Erafone, Mabua Harley Davidson, iCam, Surfer Girl, The Executive, MG Sports and Music, King Koil, Periplus, Selular Group, dan masih banyak lagi.
Total item atau jenis produk yang dijual sampai saat ini berkisar 15.000. Menurut paparan Ivan, ada sekitar 200 item yang terjual setiap bulannya. Tiga kategori produk teratas meliputi produk gadget, makanan atau kuliner, dan fashion. (Muhammad Chandrataruna)