Jakarta – Mungkin ada anggapan selama ini operator begitu lincah membuat gebrakan dalam paket denominasi tarif BlackBerry. Dari mulai paket full unlimited internet service hingga kini tersedia paket harian untuk sekedar BBM (BlackBerry Messenger). Anggapan bahwa operator lincah dalam meluncurkan paket-paket tersebut tidak keliru, tentu semua atas dasar pertimbangan persaingan di industri.
Tapi perlu diketahui, sejatinya pihak RIM (Research In Motion), sekalu penyedia layanan BlackBerry yang awalnya berinisiatif menawarkan pilihan paket pada operator. Hal tersebut diutarakan Joy Wahyudi, Direktur Komersial XL, disela-sela acara buka puasa bersama wartawan, kemarin (10/8/2011) di Jakarta. Menurut Joy, pihak RIM memberi penawaran ke tiap-tiap operator untuk menggunakan beragam paket yang ada. “Sebagai contoh, baru-baru ini kami menawarkan paket khusus BBM-an, paket tersebut dihadirkan untuk menjawab besarnya kebutuhan pengguna BlackBerry yang sebagian ‘hanya’ menginginkan fitur chat via BBM,” ujar Joy kepada Selular Online.
Joy menambahkan, meski ada banyak paket menarik untuk BlackBerry, pihak operator harus cermat dalam menerapkannya. “Harus diperhitungkan, semisal potensi pengguna paket layanan full unlimited internet service yang bertarif Rp 5.000/hari akan berpindah ke paket khusus BBM-an yang ditawarkan dengan denominasi Rp 1.000/hari,” kata Joy. RIM sendiri kabarnya sudah menawarkan paket khusus BlackBerry Messenger Unlimited sejak 3 bulan lalu. Sebagai informasi, jumlah pelanggan BlackBerry XL sampai saat ini telah mencapai lebih dari 1,3 juta. (Haryo Adjie Nogo Seno)