Ahli penyedia solusi suara dan bahasa untuk bisnis asal Amerika, Nuance, mengenalkan asisten virtual baru untuk aplikasi pelanggan layanan mobile. Disebut Nina, singkatan dari Nuance Interactive Natural Assistant (Asisten Alam Interaktif Nuance), merupakan rangkaian teknologi asisten pribadi bertenaga suara yang menggabungkan pengenalan suara Nuance, Text-to-Speech (TTS), suara biometric, dan teknologi pemahaman bahasa alami yang dikumpulkan di cloud.Asisten virtual Nina terdiri dari tiga teknologi berikut: Persona Asisten Virtual Nina, SDK Asisten Virtual Nina, dan Asisten Virtual Cloud Nina. Nuance juga mengatakan bahwa United Services Automobile Association (USAA/sebuah perusahaan jasa keuangan yang menawarkan asuransi, perbankan, dan investasi bagi masyarakat militer dan keluarga AS), akan mengadopsi Nina dalam aplikasi popular mobile mereka. Nuance akan mulai bereksperimen dengan fungsi tersebut bulan ini. Tujuan akhirnya adalah meluncurkan layanan untuk semua anggota USAA awal tahun depan. SDK dan Cloud Asisten Virtual Nina sekarang sudah tersedia dari Nuance di Amerika Serikat dan Inggris, dengan tambahan bahasa yang akan tersedia menyusul akhir tahun ini.Sebelumnya, Nuance telah berhasil mempesona pemerhati teknologi saat mengenalkan Dragon Drive (layanan mobil terhubung yang memungkinkan seseorang berbicara email dan pesan teksnya) dan Dragon Naturally Speaking 12 (software pengenal suara) pada April dan Juli silam berturut-turut. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Nina, bisa kunjungi situs resmi perusahaan tersebut di http://www.nuance.com/landing-pages/enterprise/meet-nina/default.asp (Khoirunnisa)
https://www.youtube.com/watch?v=561SVPrf1YI&feature=player_embedded
Sumber : http://www.nuance.com (6/8/2012)