Mungkin saja imitasi ikon merupakan bentuk lain dari sanjungan, tapi kini lebih memungkinkan Anda (developer) untuk masuk dan menjalani siding pengadilan seperti kasus Samsung vs Apple yang sekarang sedang bergulir. Google merasa kalau saat ini terdapat banyak ikon aplikasi yang mirip dengan ikon milik aplikasi popular yang dirancang hanya untuk mengambil untung dari pengguna yang tidak menduga atau kurang mengetahui akan produk tersebut.
Pedoman baru Google tersebut diumumkan via email dan sudah dikirim ke para pengembang aplikasi. Google memberikan kesempatan kedua bagi siapa saja yang kedapatan “bersalah” dari aturan tersebut. Mereka akan mendapat perpanjangan waktu selama 30 hari guna memastikan aplikasi mereka memenuhi aturan yang ada. Bagi pengembang yang kukuh pada pendiriannya dalam menggunakan ikon yang mirip, maka Google akan menyingkirkan aplikasi tersebut dari display tokonya.
Bagaimana menurut Anda? Apakah peraturan baru tersebut menjadi langkah terbaik yang diambil Google? Silakan beri komentar Anda pada artikel ini. (Khoirunnisa)