Dikenal sebagai merek PC, Lenovo melihat potensi besar bisnis handphone di Cina. Pada kuartal ketiga 2012, data lembaga survei itu menunjukkan kalau Samsung memiliki market share sebesar 16,7% sedangkan Lenovo berada tepat di belakangnya dengan bagian 14,8%. Meski besaran angkanya tidak sama, data Canalys juga melaporkan hal serupa. Lenovo berada tepat di bawah Samsung dengan perbedaan tipis, market share Lenovo 13%, sedangkan Samsung 14%. Produsen iPhone, Apple memiliki market share 6,9%, setelah Lenovo.
Pertumbuhan Lenovo memang tidak pernah melambat. Menurut data Gartner, pada periode yang sama tahun lalu mereka hanya mempunyai market share sebesar 1,7%. “Merek Lenovo ditempatkan pada level menengah-ke-bawah yang berperan sebagai pendorong pertumbuhan industri di masa mendatang. Dan memang pada tingkat itu pula persaingan antar brand global dirasa kurang ketat. Maka dari itu Lenovo bisa tumbuh pesat,” ujar Gartner.
Lembaga analis itu percaya bahwa produsen komputer itu menjadi satu-satunya merek lokal yang mampu bersaing dengan brand global di pasar lokal Cina. Gartner percaya Lenovo akan mencapai posisi teratas pada tahun 2013. Kalau menurut lembaga survey Canalys, tiga brand dari daftar Top 5 pembuat smartphone di Cina, memang merek Cina.
Apakah Anda juga sependapat kalau Lenovo akan menggulingkan kedigdayaan Samsung tahun depan di pasar Cina? (Khoirunnisa)