22 February 2011 14:30
Jakarta – Nokia terus berbenah di tengah pangsa pasar yang kain terkikis dan menghadapi para pesaingnya yang semakin tangguh. Setelah mengganti puncuk pimpinan globalnya dengan menggaet Stephen Elops, yang merupakan mantan punggawa Microsoft, Nokia juga akhirnya secara resmi berkolaborasi dengan Microsoft. Di Indonesia sendiri Nokia juga berusaha untuk terus menjadi pemimpin puncak, ditengah gempuran BlackBerry dan vendor merk lokal. Dengan cara menjalankan strategi yang disesuaikan dengan kondisi pangsa pasar handphone di Indonesia. Apa itu ?
Bob McDaugall, Country Manager Nokia Indonesia, menjelaskan Indonesia memang pasar yang unik. Unik karena vendor handphone kini tidak lagi bisa berdiri sendiri untuk memenuhi kebutuhan para pengguna handphone. “Pangsa pasar handphone di Indonesia mengacu pada sebuah ekosistem,” ungkap Bob. Yang dimaksud ekosistem di sini yaitu selain ketersediaan handphone, juga harus dibarengi dengan adanya berbagai aplikasi yang menarik, dan yang terakhir tersedia akses internet yang disertai paket akses data.
“Ketiga hal itulah yang membangun ekosistem pasar ponsel di Indonesia. Dan ekosistem itulah yang menjadi kunci persaingan,” lanjut Bob. Itulah mengapa Nokia semakin getol menyertakan berbagai aplikasi yang tersedia di Ovi Store di setiap peluncuran handphone-nya. Dan juga kini Nokia sudah menyediakan tarif paket data yang bekerjasama dengan operator seperti Telkomsel, Indosat, XL dan 3. Nokia menyediakan paket data : Nokia Unlimited, Nokia Messaging Unlimited dan Ovi. (Edi Kurniawan)
Sumber : www.Selular.co.id