4 December 2013 14:30
Geliat Apple Inc. mengembangkan laju perusahaan tercermin dalam sederet nama perusahaan kecil yang telah dibelinya sepanjang tahun 2013 ini. Bulan lalu mereka mengakuisisi PrimeSense, penyedia teknologi motion-tracking asal Israel, menambahkan jajaran perusahaan lainnya seperti Embark, HopStop.com, Locationary, dan WifiSLAM.
Di penghujung tahun ini, Apple baru saja membeli sebuah perusahaan data analis Topsy. Kesepakatan keduanya ditaksir senilai US$200 juta. Topsy merupakan startup yang mengumpulkan dan mengolah data dari platform Twitter.
Sejak 2006, Topsy bisa mengulik statistik tentang popularitas brand atau akun yang mengakses Twitter, sehingga akan terlihat seberapa besar pengaruh akun tersebut terhadap penjualan produk atau promosi.
Berdasarkan kemampuan seperti itu, analis eMarketer Inc. Debra Aho Williamson, memperkirakan kemungkinan topik dan tren yang sedang ramai diperbincangkan di Twitter dapat diintegrasikan dalam berbagai produk Apple. Tujuannya, untuk meningkatkan hasil pencarian dalam layanan berbasis suara Siri milik Apple, atau untuk memberi rekomendasi saat berbelanja di iTunes dan App Store.
Topsy telah mengajukan lebih dari selusin paten yang berhubungan dengan jaringan sosial. Ini termasuk sistem dan metode untuk kostumisasi filter dan konten analisis media sosial yang dikumpulkan melalui jaringan sosial. (Choiru Rizkia)
Sumber : http://online.wsj.com/