Diungkap oleh Budi G. Sadikin, Direktur Micro and Retail Banking Mandiri, pertumbuhan penggunaan layanan SMS Banking sangat tinggi dengan pertumbuhan mencapai 60 persen. Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone itulah Bank Mandiri meluncurkan aplikasi BlackBerry. “Teknologi ini juga hasil pengembangan layanan SMS Banking yang telah diluncurkan Bank Mandiri pada 2002 lalu. Pemanfaatan teknologi smartphone pada industri perbankan merupakan salah satu milestone di Mandiri Mobile,” ujarnya peluncuran aplikasi Mandiri BlackBerry di FCone FX, Jakarta (20/4/2011).
Aplikasi tersebut bisa diunduh oleh pengguna BlackBerry Curve, Bold, Onyx, Storm dan Torch dengan mengirim SMS ke nomor 3355 dengan perintah “Reg Mobile” atau melalu website www.bankmandiri.co.id. Dalam waktu dekat juga akan tersedia di BlackBerry App World. Menu transaksi di aplikasi mencakup cek saldo, info mutasi rekening, transfer, isi ulang pulsa, pembayaran tagihan listrik, telepon, TV kabel, kartu kredit hingga informasi suku bunga dan pencarian lokasi ATM/ kantor cabang dilengkapi peta.
Menurut Budi, biaya transaksi yang dikeluarkan rendah. “Jika pada SMS banking setiap transaksi apapun dikenakan biaya pulsa, maka pada aplikasi ini hanya biaya langganan BlackBerry bulanan aja yang dibayar. Jadi nasabah bebas transaksi,” ujarnya pada Selular Online. Selain murah, keamanan menjadi prioritas dalam penggelaran layanan ini. Bank Mandiri telah menerapkan beberapa sistem keamanan. “Pertama, untuk memastikan agar aman, data dibungkus menggunakan enkripsi SSL. Kemudian, sistem mengatur agar layanan bekerja hanya di nomor tersebut dan untuk mengakses menu transaksi, diproteksi dengan password,” tegasnya. Selain BlackBerry, bulan depan ini Bank Mandiri juga akan meluncurkan aplikasi untuk platform lain yang saat ini populer yaitu iPhone dan Android. (Bambang Dwi Atmoko)