Jakarta – Meski diperkirakan pasar BlackBerry pertumbuhannya sudah tidak sebesar tahun – tahun sebelumnya, tapi XL masih percaya diri untuk meraih pertumbuhan pelanggan 2 kali lipat di tahun 2011 ini. Tahun 2009 pelanggan BlackBerry XL berjumlah 250 ribu orang. Memasuki tahun 2010 jumlah tersebut meningkat hingga mencapai 750 ribu orang. Dan di tahun 2011 ini XL menargetkan bisa menggapai 1,5 juta total pelanggan BlackBerry.
Menurut Oni Marbun, Senior Manager Mobile Data Services BlackBerry XL, ini juga didasarkan pada kepercayaan pihak RIM (Research In Motion) yang memperkirakan pasar BlackBerry di Indonesia merupakan pasar yang masih sangat potensial. Hingga akhir tahun 2010, jumlah pelanggan BlackBerry di Indonesia mencapai 2,2 juta orang. RIM memperkirakan tahun ini jumlah pelanggan BlackBerry di Indonesia bisa meningkat dua kali lipat. Setiap bulannya tercatat ada sekitar 8 – 11 persen pertumbuhan pelanggan XL BlackBerry. Dan belakangan ini terjadi perubahan pola pemakaian paket layanan BlackBerry XL. Dari sebelumnya ada 70 persen yang menggunakan paket harian dan 30 persen menggunakan paket bulanan, kini berubah menjadi 45 persen yang menggunakan paket harian dan sisanya 55 persen menggunakan paket bulanan. (Edi Kurniawan)