6 November 2013 13:00
Para analis di Strategy Analytics baru saja memuat sebuah laporan mengenai pengiriman smartphone global selama kuartal ketiga 2013. Untuk periode tiga bulan itu, lebih dari 251 juta smartphone telah dikapalkan di seluruh dunia. Angka itu menandakan pertumbuhan signifikan sebesar 45% dari pengapalan tahun lalu sebanyak 172,8 juta pada Q3 2012. Pemicu utama pertumbuhan pesat ini disinyalir karena “meroketnya permintaan” untuk perangkat Android dan Windows Phone di Eropa dan Asia.
Strategy Analytics memaparkan bahwa Android menguasai 81% pangsa smartphone global dengan penjualan 204,4 juta unit. Dominasi Google di pasar smartphone bisa digambarkan kalau empat dari lima smartphone yang ada di dunia sekarang adalah Android. Strategy Analytics juga menunjukkan bagaimana OS mobile Google itu terus memperoleh basis pengguna ‘bekas’ pelanggan BlackBerry dan Apple. Pangsa pasar produsen smartphone asal Kanada BlackBerry kian merosot dari 4 persen di Q3 2012 menjadi hanya 1 persen di tahun ini. Kombinasi smartphone BlackBerry yang menjalankan OS 10 terjual hanya 2,5 juta untuk kuartal ini. Sebagai perbandingan, pada Q3 2012 BlackBerry berhasil menjual 7,5 juta unit.
Laporan yang paling mengejutkan berasal dari Redmond, Washington. Microsoft Windows Phone berhasil menjajakan sebanyak 10,2 juta smartphone pada kuartal ini. Bilangan itu merupakan lompatan terjauh sebanyak 178% dari 3,7 juta unit yang terjual di Q3 tahun lalu. Akibatnya, pangsa pasar smartphone perusahaan tumbuh dua kali lipat dari 2 persen menjadi 4 persen dalam kurun waktu satu tahun.
Kesuksesan Windows Phone terutama dikarenakan keberhasilan Nokia Lumia series di Eropa, Asia, dan Amerika Serikat. Strategy Analytics menunjukkan Windows Phone masih harus berjuang untuk memikat pengguna selular di Jepang, Korea, dan Afrika Selatan. (Nis)
Sumber : http://blogs.strategyanalytics.com (1/11/2013)