24 August 2012 11:00
Puncak musim Lebaran 2012 telah berlalu, dan seperti tahun-tahun sebelumnya, operator selular memberikan laporan performa jaringannya dalam mendukung musim mudik dan Lebaran. Seperti halnya Indosat yang mengalami kenaikan trafik cukup tinggi pada layanan suara, SMS dan data. Performa jaringan Indosat dapat dikontrol dengan baik berkat berbagai kesiapan jaringan, termasuk hadirnya pusat pemantauan jaringan yaitu Command Center selama H-3 dan H+2, serta berbagai pusat dan titik layanan pelanggan.
Di musim Lebaran 2012 ini, Indosat meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6% dibanding trafik regular hari biasa. Untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Milyar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41% dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, yakni peningkatan sebesar 197,5% dibanding trafik regular hari biasa.
Secara umum kenaikan trafik telekomunikasi Indosat terjadi di semua jenis layanan baik layanan suara, SMS maupun data dengan trafik data yang meningkat dengan pesat. Trafik data sendiri mengalami puncak kenaikan pada hari H-1 yang meningkat menjadi 44,58 Terabyte/hari atau melonjak 30,24% dibanding trafik data regular sebelum Ramadhan yaitu pada Juni 2012. Bila dibandingkan dengan musim Lebaran tahun lalu pada hari yang sama, secara keseluruhan trafik data mengalami kenaikan sebesar 59,97%.
Lonjakan lainnya terjadi pada layanan SMS. Khusus untuk trafik SMS kenaikan tertinggi terjadi pada hari H-1 yang meningkat menjadi 1,025 juta SMS atau naik sebesar 32% dibanding trafik SMS regular sebelum Ramadhan yaitu pada Juni 2012. Sementara bila dibandingkan dengan trafik pada hari yang sama Lebaran tahun sebelumnya, mengalami peningkatan sebesar 14%.
Sementara untuk suara, kenaikan trafik suara tertinggi terjadi pada H yang meningkat menjadi 410,37 juta menit atau naik sebesar 23,3% dibanding trafik suara regular sebelum Ramadhan yaitu pada Juni 2012. Secara keseluruhan trafik suara meningkat menjadi 12,31% dibandingkan dengan trafik suara pada hari yang sama Lebaran tahun sebelumnya.
”Tingkat keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat mencapai lebih dari 96% dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 94% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS baik internal di jaringan Indosat maupun eksternal ke operator lain. Sementara tingkat keberhasilan panggilan suara mencapai 94,5% dan data mencapai 99%,” ujar Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat, dalam siaran pers kemarin (23/8/2012). (Haryo Adjie Nogo Seno)
Sumber : www.indosat.com