Usaha Samsung yang gigih menggelontorkan pasar dengan gadget Android, akhirnya membuahkan sesuatu yang positif. Seperti hasil riset Gfk (Growth for Knowledge) yang dirilis pada Maret 2012, telah menobatkaan Samsung sebagai pemain utama smartphone Android di Indonesia. Riset Gfk menyebut Samsung menguasai 80 persen pasar smartphone, dan 40 persen untuk tablet. Dan, kini bisa disebut pasar tablet Android sedang laris manisnya. Dengan potensi pasar yang menjanjikan, tak hanya vendor global yang bertarung, tapi vendor lokal pun terasa sedang giat-giatnya meluncurkan tablet Android dengan harga bersaing.
Riuhnya persaingan di pasar tablet Android menginspirasi kami untuk mengadakan polling seputar tablet Android. Dan, berdasarkan polling ke-34 yang dilakukan SELULAR Online pada 6 Juni – 20 Juni 2012, terungkap bahwa Samsung merajai pilihan pengguna tablet Android. Dari total 20.672 responden, 17.494 diantaranya (85 persen) memilih tablet Android merek Samsung. Hal ini membuktikan pengaruh kuat Samsung di segmen tablet Android, selain menjadi vendor pertama yang meluncurkan tablet Android di Tanah Air di tahun 2010, varian Galaxy Tab juga terbilang beragam, ditambah lagi kampanye promo produk yang terbilang gencar.
Sedangkan diposisi kedua ditempati koalisi vendor tabler Android merek lokal dengan 1233 responden (6 persen). Kami sengaja menyatukan para vendor lokal, mengingat jumlah merek yang banyak dan terus bermunculan. Setidaknya ada 15 vendor merek lokal yang kini meluncurkan tablet Android. Lalu diposisi ketiga, secara mengejutkan ditempati oleh Lenovo, vendor asal Cina ini dipilih 1.009 responden (5 persen). Selanjutnya diposisi keempat, ditempati juga oleh vendor asal Cina, yakni Huawei, dipilih 723 responden (3 persen).
Merek-merek tablet Android lainnya juga kami ikut sertakan dalam polling, seperti Acer, Dell, Motorola, Sony, dan ZTE. Tapi merek-merek tersebut hanya meraih angka persentase dibawah 1 persen. Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini tabel dari hasil polling. (Haryo Adjie Nogo Seno)
A. Acer | | 27 | 0 % |
B. Dell | | 9 | 0 % |
C. Huawei | | 723 | 3 % |
D. HTC | | 29 | 0 % |
E. Lenovo | | 1009 | 5 % |
F. Motorola | | 16 | 0 % |
G. Samsung | | 17494 | 85 % |
H. Sony | | 70 | 0 % |
I. ZTE | | 62 | 0 % |
J. Tablet Android merek lokal | | 1233 | 6 % |