15 March 2012 16:00
Bangkok – Dominasi Samsung di pasar elektronik semakin kentara. Hal ini terlihat dari berbagai pencapaian diperoleh. Samsung sukses dalam strateginya menghadirkan rangkaian produk elektronik dan teknologi yang luas dan beragam. Karena tidak semua perusahaan bisa melakukannya. Tahun 2011 telah dilalui dengan gemilang. Samsung Electronics telah mencapai rekor penjualan hingga 143 miliar dolar.
Di Samsung Forum 2012, Ambrish Jain, Regional Marketing Director Samsung Electronics, mengungkapkan beberapa pencapaian yang diraih.”Di AsiaTenggara, perusahaan mencapai pertumbuhan pasar sebesar 41 persen pada 2011,” kata Ambrish kepada para media di ajang regional tahunan Samsung yang kali ini digelar di Bangkok Convention Centre, Thailand (15/3/2012).
Dikatakan lebih lanjut, Samsung berhasil mempertahankan prosisi nomor satu untuk TV, monitor, dan lemari es. Bahkan satu pencapaian baru berhasil diraih. “Produk telepon genggam dan smartphone menempati posisi nomor satu untuk pertama kalinya,” ungkapnya dengan bangga. Ada tiga negara di Asia Tenggara yang memberikan kontribusi mengesankan. Yaitu Indonesia yang mengalami kenaikan sebesar 40 persen, kemudian Malaysia 50 persen, dan Thailand sebesar 60 persen.
Sayangnya Samsung tidak memberikan informasi lebih detail angka-angka tersebut. Yang jelas, untuk lini produk barunya yaitu Galaxy Note, sampai akhir tahun ini ditargetkan menjual sebesar 10 juta unit. Dan untuk memperkukuh dominasinya, Samsung menghadirkan sejumlah produk baru. Ada lima lini produk elektronik yang diperkenalkan yakni TV/AV, Digital Imaging, Digital Appliance, IT, Mobile. Untuk setiap produk baru tersebut, Samsung juga menghadirkan konten dan layanan terpadu. (Bambang Dwi Atmoko)
Sumber : www.selular.co.id