6 April 2012 10:00
Samsung pada hari Selasa lalu (3/4) mengkonfirmasi kerja sama dengan perusahaan pengiklanan mobile, OpenX Technologies, untuk menciptakan sebuah platform iklan mobile yang akan menyaingi Google dan Apple. The Wall Street Journal melaporkan layanan ini akan disebut Samsung AdHub Market. Buah kerjasama akan memungkinkan perusahaan asal Korea Selatan ini untuk menempatkan iklan pada perangkat handphone dan tablet Samsung. Proyek iklan mobile Samsung akan dimulai pada semester kedua tahun ini.
Pengiklan dapat membeli ruang iklan di perangkat mobile, baik melalui pengembang aplikasi maupun langsung ke pihak Samsung, sampai saat ini rincian harga yang dijatuhkan belum diketahui. “Ini adalah pertama kalinya vendor perangkat mobile memasuki bisnis teknologi periklanan dengan model seperti ini. Hal ini menjadi sangat jelas bagi para pelaku bisnis perangkat mobile bahwa iklan akan menjadi bagian yang sangat penting dari pendapatan perusahaan,” ujar Tim Cadogan, Chief Executive OpenX. ”
Menurut data oleh eMarketer, pembelanjaan iklan mobile di Amerika Serikat diperkirakan akan mencapai US$10,8 miliar pada 2016, naik dari US$2,6 miliar pada tahun ini. Cadogan menolak untuk mengomentari soal nota kesepakatan perusahaannya dengan Samsung. (Deni Taufiq)
Sumber : http://online.wsj.com/ (4/4/2012)