11 April 2014 18:00
Di pasar phablet dan smartphone, Samsung boleh dikatakan rajanya. Namun di segmen tablet, iPad Apple masih menjadi idola. Demi menjaga performanya dalam penjualan tablet, Samsung pun kian meningkatkan mutu dan fitur tiap perangkat baru yang keluar dari lini Galaxy Tab.
Tak sekadar spesifikasi handal, perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut juga bakal menggenjot produksi perangkatnya. Menurut sebuah laporan di ZDNet Korea (9/4/2014), Samsung akan meningkatkan pangsa pasar tablet sebesar 23 persen pada kuartal pertama tahun ini. Seorang eksekutif senior Samsung yang tidak disebutkan namanya telah mengungkapkan volume pengiriman tablet sebanyak 14 juta unit selama Q1.
Jumlah penjualan belasan juta unit saat ini tentu lebih tinggi dari satu kuartal sebelumnya, yang hanya sebesar 200.000 unit. Target ini cukup masuk akal, mengingat perusahaan baru saja memperkenalkan lineup Samsung Galaxy Tab Pro dan Galaxy Note Pro 12.2 pada awal Januari selama CES. Sebagai tolak ukur, total penjualan tablet Samsung selama tahun 2013 adalah 40 juta unit.
Saat ini, market share tablet Samsung memang masih tertinggal dari Apple, karena iPad masih bertengger dengan perolehan 30 persen dari pangsa pasar. Namun, Samsung tetap berkeyakinan bisa menyalip posisi Apple di pasar tablet, dengan target penjualan mencapai 100 juta unit.
Demi menuntaskan ambisi tersebut, Samsung berencana memperkenalkan beragam varian tablet. Mulai dari perangkat entry-level seperti Samsung Galaxy Tab 3 Lite, hingga paling mahal sekalipun dalam versi Galaxy Note 12.2 LTE. Beberapa pekan lalu, perusahaan sudah menyiarkan kehadiran resmi dari kubu Galaxy Tab 4, dengan berbagai pilihan ukuran layar. Artinya tak seperti iPad yang hanya menjangkau kalangan kelas atas, produk Samsung nampaknya bisa merengkuh berbagai segmentasi. (Choi)
Sumber : http://www.zdnet.co.kr/