Dalam iklan billboard, Nokia Lumia 1020 memamerkan tagline “The most megapixels you can fit into a pair of skinny jeans.” yang bermakna “Perangkat megapiksel terbesar yang dapat Kamu sempilkan ke dalam (kantong) celana Jeans skinny”. Memang, dari tulisannya tak ada yang aneh, hanya bagian promosi dari Nokia untuk cameraphone barunya tersebut. Namun, secara tidak langsung, kata-kata tersebut menyindir Samsung Galaxy S4 Zoom.
Ejekan Nokia itu mengacu pada perbandingan ketebalan kedua smartphone tersebut. Seperti yang digembor-gemborkan, Lumia 1020 tampil dengan desain yang lebih tipis dan langsing ketimbang Samsung Galaxy S4 Zoom. Padahal, Lumia 1020 memiliki lensa dengan resolusi kamera yang lebih besar 41Mpix, bila dibandingkan dengan Galaxy S4 Zoom yang hanya berkisar 16Mpix. Dari desainnya sendiri, Samsung Galaxy S4 Zoom nampak menyerupai sebuah kamera pocket digital dengan corong lensa yang bisa dikeluarkan saat memotret.
Ini bukan kali pertama Nokia melancarkan sindirannya. Di awal September lalu, pabrikan yang telah diakuisisi Microsoft ini pernah menempatkan papan iklannya di depan papan iklan Samsung. Tidak hanya memarkirkan mobil berpapan iklannya, Nokia juga me-mention @SamsungMobile dalam posting-an akun Twitter resminya.
Perlu dicatat, ukuran megapixels besar memang tidak menentukan kualitas kamera. Tetapi, sudah sewajarnya banyak perusahaan menampilan iklan sindiran sebagai “bumbu” untuk mendongkrak penjualan produk-produknya. (Choiru Rizkia)