Program ini dijalankan langsung oleh pihak Facebook tanpa pihak ketiga, maka proses diklaim efisien untuk mengirimkan hadiah dari toko ke teman Facebook. Dihitung dari kategori ulang tahun, Facebook saja bisa menjual jutaan hadiah.
Untuk mengaksesnya tinggal buka situs facebook.com/gifts. Pengguna bisa memilih kado, melampirkan kartu, kemudian tinggal menunggu notifikasi dari Facebook. Selanjutnya, produk yang dipilih tersebut bakal tiba dalam beberapa hari. Berhubung tidak semua profil pengguna Facebook ditulis secara lengkap di akun, maka perusahaan akan meminta data tambahan hingga terperinci sehingga hadiah bisa sampai ke tujuan dengan aman. Salah satu poin yang menarik, jika penerima hadiah tidak menyukai barang tersebut, maka dia bisa menukarnya dengan produk yang setara
Saat ini, hadiah berkisar mulai dari kartu ucapan cantik (gift card) hingga cupcakes terkenal dari Magnolia Bakery di New York. Tidak ketinggalan, boneka-boneka lucu seperti teddy bear. Sayangnya, layanan Facebook Gifts ini masih terpaku di wilayah Amerika Serikat saja.
Sebenarnya, lima tahun silam, Facebook pernah mencanangkan program toko hadiah maya, meskipun telah ditutup tahun 2010 lalu. Layanan tersebut ditutup karena nyatanya menghabiskan dana yang besar. Kini, perusahaan jejaring sosial terbesar kembali mengedepankan program serupa. Bedanya bukan bentuk virtual, tetapi dalam bentuk nyata. (Choiru Rizkia)