14 December 2012 18:00
PT. Firmus Solusindo, perusahaan penyedia solusi manajemen distribusi terintegrasi, meluncurkan solusi inovatif untuk mendukung dan meningkatkan kinerja tim Sales Force dengan mengintegrasikan front liner dengan back office, yaitu Firmus SFA–sebuah Intelligent Mobile Sales Force Automation.
Saat ini, sistem automasi armada penjualan yang banyak dipakai di pasar masih menggunakan cara konvensional. Sebagian besar hanya mengalihkan pencatatan penjualan dari bon penjualan (kertas) ke perangkat elektronik dan dilakukan sinkronisasi ke back-end system saat salesman tiba kembali di kantor. Selain tidak banyak membantu efisiensi kerja back office, pada umumnya fokus hanya pada administrasi penjualan. Integrasi Salesman di lapangan dengan Sales Supervisor terputus, sehingga untuk kontrol membutuhkan effort tinggi dan sangat melelahkan. Belum lagi perangkat PDA yang dipakai memiliki kapasitas dan kapabilitas yang sangat terbatas.
Firmus SFA dirancang untuk mendukung dan meningkatkan proses bisnis dan kinerja para salesman. Dengan Firmus SFA maka Salesman bersama Sales Supervisor-nya dapat merencanakan penjualan ke outlet dengan lebih baik, hal ini dimungkinkan karena habit dan potensi outlet telah diketahui sebelum kunjungan salesman dilakukan. Dengan begitu, memungkinkan tim sales untuk menyusun langkah-langkah taktis di dalam menjalankan kebijakan penjualan yang sudah ditetapkan perusahaan.
Saat salesman melakukan transaksi di outlet, maka supervisor dapat memantau aktifitas penjualan tersebut secara real time. Bila order sesuai dengan tujuan perusahaan, maka administrator penjualan dan gudang dapat segera menyiapkan barang yang dipesan outlet. Dengan begitu, “jamming” pada sore hari akan berkurang signifikan, pekerjaan tidak menumpuk lagi di sore hari, sehingga human error yang berakibat meningkatkan kerugian dapat dikurangi dengan lebih pasti. Juga, pengiriman barang dapat direncanakan dengan lebih baik dengan mengoptimalkan rute pengiriman barang.
Firmus SFA ditanamkan pada perangkat PC tablet, sehingga mereka bisa membaca dengan lebih jelas dan merekam transaksi penjualan secara lebih leluasa. Tak kalah penting, solusi Firmus SFA ini memiliki beberapa manfaat dan keunggulan. Antara lain: Meningkatkan pendapatan, memudahkan pengendalian atas aktifitas salesman, efisiensi dalam proses penjualan, mengurangi kerugian, mengurangi kesalahan order, semuanya ini dimungkinkan karena kualitas kunjungan salesman meningkat. (Haryo Adjie)
Sumber : www.selular.co.id