Sebelumnya Facebook sudah memiliki fitur yang disebut Places sebagai bagian dari aplikasi mobile, yang memungkinkan pengguna memeriksa ke lokasi, mirip Foursquare, tetapi aplikasi baru akan melangkah lebih jauh.
Satu catatan sumber Bloomberg adalah bahwa aplikasi akan tetap aktif bahkan ketika tidak digunakan, mirip dengan fitur Find My Friends di Apple. Ia akan tetap melacak data lokasi setiap saat bukan hanya ketika seseorang sedang sign-in.
Sontak aplikasi yang diusulkan menimbulkan beberapa kekhawatiran privasi, di antaranya adalah hubungan antara data lokasi dan pengiklan. Iklan Facebook berdasarkan riwayat browsing bukanlah hal yang baru, tetapi perjanjian terbaru dengan mandat Council of Better Business Bureau bahwa setiap iklan harus memberitahu pengguna bahwa mereka menggunakan informasi pelacakan.
Akan dibutuhkan waktu sebelum kebijakan baru tersebut benar-benar terlaksana. Perjanjian itu menguraikan bahwa notifikasi harus sudah berjalan pada akhir kuartal pertama 2013 yakni pada bulan Maret. (Khoirunnisa)