Vendor besar lain seperti rival senegara LG, vendor Taiwan HTC, raksasa Jepang Sony, dan manufaktur Amerika Serikat Motorola muncul sebagai pesaing serius tidak berapa lama lalu. Namun diyakini masing-masing mereka menikmati 7 persen, 6 persen, 5 persen, dan 4 persen dari pangsa pasar Android dunia. Jika angka ini benar, berarti Samsung memegang kendali pasar. Bahkan menggabungkan pangsa pasar empat OEM tadi, belum mendekati pangsa pasar raksasa Korea Selatan.
Sumber publikasi mengatakan bahwa Lenovo memiliki kesempatan yang lebih baik melebihi semua OEM untuk berada di belakang Samsung di tempat kedua. Perusahaan yang berbasis di Beijing ini memang memiliki eksistensi yang kuat dan pangsa pasar yang cukup di negara asalnya. Mengingat mereka baru saja mengakuisisi Motorola Mobility, Lenovo akan mendapatkan keuntungan dari reputasi dan brand awareness di negara Barat. Kendati demikian, masih akan sulit untuk mengejar ketinggalan dengan Samsung, yang memimpin dengan margin cukup besar. (Nis)