“Sony Mobile menilai Indonesia sebagai salah satu pasar yang diprioritaskan tahun ini,” kata Ola Molén, Head of SEA Market, di sela Xperia Southeast Asia Debut, Singapura.
“Sony Mobile telah meningkatkan dana investasi segar hingga tiga kali lipat, khusus untuk pasar Indonesia,” tandasnya.
Ola menuturkan, dana investasi itu akan difokuskan pada pengembangan pasar di Indonesia, terutama distribusi, channel penjualan, dan merchandiser, yang meliputi promotor/frontliners, display ad, print ad, dan berbagai media promosi lainnya.
“Peranan promotor (frontliner) itu harus ditingkatkan, karena untuk mengedukasi publik tentang smartphone, terutama Sony Xperia,” ucap Ola, yang enggan menyebutkan berapa besaran investasi yang disisihkan Sony Mobile di Indonesia.
Selain menambah portofolio Xperia, Ola mengatakan, Sony pun akan memperbesar investasi untuk ekspansi pasar di Indonesia, khususnya di distribusi, channel penjualan, dan merchandiser, yang meliputi promotor/frontliners, display ad, print ad, dan media promosi lainnya.
Senada dengan Ola, Head of Channel & Brand Activation Sony Mobile Communications Indonesia, Oky Gunawan mengatakan, investasi akan banyak habis untuk menambah SDM serta pelatihan pada frontliner.
“Ekspansi pasar Sony Mobile terus berlanjut. Sementara ini, kami fokus di tujuh kota besar dulu, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogjakarta, Makassar, dan Medan. Dalam waktu dekat, kami juga akan melebarkan sayap ke tiga kota di Kalimantan,” jelas Oky.
Sekadar diketahui, berdasarkan paparan Matthew Lang, Corporate Vice President and Head of SEA & Oceania CU Sony Mobile, di kesempatan yang sama, pertumbuhan smartphone global tercatat 60 persen. Dan, Sony Xperia berhasil mencatat pertumbuhan 65 persen. “Kami telah mengapalkan sekitar 28 juta unit Xperia ke seluruh dunia. Dan, angkanya terus bertumbuh,” tukas Matt. (Muhammad Chandrataruna)
===