21 May 2013 17:30
Orang Indonesia kebanyakan begitu hobi dalam berbelanja, dimana salah satu yang menjadi perhatian adalah belanja gadget. Dari tahun ke tahun tren pertumbuhan penjualan handphone terus meningkat, meski beberapa pemain ada yang mengalami keterpurukan. Lewat promosi yang gencar, beberapa kalangan di perkotaan bahkan telah menggeser fungsi utama dari handphone dan tablet. Dari sisi fungsionalitas menjelma sebagai suatu kebutuhan untuk menunjang status, gaya hidup dan pergaulan.
Tren tersebut berimbas pada sisi konsumerisme yang melonjak, selain fitur handphone yang menggoda, tawaran pada kemudahan sistem pembelian ikut memberi andil, seperti sistem kredit dengan cicilan O% dan aneka bonus paket bundling. Walau belum ada penelitian resmi, disebut-sebut dalam satu tahun paling tidak orang Indonesia membeli atau mengganti 1 unit handphone. Berangkat dari maraknya penetrasi handphone dan tablet, termasuk ke kalangan anak-anak, mendorong SELULAR Online untuk mengadakan polling ke-45 tentang “Berapa Banyak Handphone yang Dibeli Dalam 1 Tahun.” Polling ini berlangsung mulai 19 April hingga 19 Mei 2013 lalu dengan total 1.016 responden.
Dari hasil polling cukup mengejutkan, bahwa 391 responden (38%) menyatakan lebih dari 3 kali membeli handphone dalam satu tahun. Sebuah informasi yang fantastis, namum terasa masuk akal untuk kelas masyarakat di perkotaan yang biasa menenteng lebih dari tiga gadget. Kemudian ditempat kedua, 217 responden (21%) memilih hanya 1 kali membeli handphone dalam setahun. Sebuah output informasi yang terasa wajar kita lihat dalam keseharian. Lalu ditempat ketiga, 148 responden (15%) memilih 2 kali membeli handphone dalam setahun.
Harus diakui cukup banyak orang yang tidak tentu dalam membeli handphone, kalangan ini bisa jadi lebih menekankan pada kebutuhan fitur dan rasional dalam mengelola anggaran belanja. 132 responden (13%) untuk itu memilih opsi tidak tentu. Dan diposisi terakhir ada 128 responden (13%) yang memilih dalam satu tahun membeli 3 handphone. (Haryo Adjie)
| 217 | 21 % | |
| 148 | 15 % | |
| 128 | 13 % | |
| 391 | 38 % | |
| 132 | 13 % |
Sumber : www.selular.co.id (20/5/2013)