Begitu banyaknya jumlah pengguna BBM app di iOS dan Android tentu saja membawa imbas baik bagi BlackBerry. Perusahaan telah menegaskan akan segera menyisipkan berbagai iklan untuk aplikasi versi Android dan iPhone. Pengguna sendiri bisa mengunduh aplikasi chatting ini secara gratis. Strategi ini biasa disebut sebagai monetisasi.
“Ini jelas merupakan suatu layanan gratis, ” ujar Andrew Bocking, salah satu petinggi BlackBerry. “Kami memiliki ide lain tentang bagaimana untuk menguangkan layanan tersebut.”
Ide lain yang dimaksud adalah menambahkan iklan di BBM for Android dan iPhone. Bocking mengatakan iklan akan membawa beberapa fitur baru yang belum diluncurkan, seperti BBM Channel. Tambahannya, BlackBerry juga berencana untuk membawa fitur video dan voice chat untuk aplikasi miliknya dalam beberapa bulan mendatang. Baru-baru ini, BlackBerry pun telah menghapus daftar antrean, demi tujuan menarik minat calon pengguna.
“Kami terus berencana mengembangkan layanan dan membuatnya lebih menarik. Sehingga pengguna akan memiliki lebih banyak alasan untuk kembali menggunakan layanan ini,” tutup Bocking. Sejauh ini fitur BBM di iOS dan Android memang tidak selengkap di perangkat resmi besutan BlackBerry. Sehingga, pengguna perangkat Android dan iPhone tidak bisa merasakan pengalaman “the real BBM” (Choiru Rizkia)