Layanan WiFi gratis ini dinamakan CabWiFi, menggunakan sistem “iklan utuk mengakses”. Bagi siapapun yang ingin mengakses internet secara cuma-cuma, harus bersedia menyaksikan sebuah iklan pendek berdurasi 15 detik. Setelahnya, penumpang bisa akses internet gratis selama 15 menit.
Di lain pihak, sang pengemudi, akan mendapat login terpisah dalam menggunakan data untuk menjalankan aplikasi taksi yang dimiliki. Setidaknya bisa menyurutkan tagihan telepon yang membengkak akibat penggunaan aplikasi tadi. Karena dalam beberapa bulan terakhir ini, banyak pengemudi taksi yang mendapat tagihan berlipat ganda dari nominal normal karena biaya roaming data.
Pendiri dan CEO Eyetease Richard Corbett menjelaskan “Ini merupakan berita baik untuk London. Dengan durasi rata-rata 15 menit di bangku belakang taksi, cara terbaik untuk menghabiskan waktu adalah dengan membuka laptop, tablet, book reader, atau handphone dengan akses internet yang legal.”
Saat ini, Eyetease juga sedang dalam tahap percakapan dengan beberapa brand besar (termasuk perusahaan kartu kredit global dan produsen handphone terkemuka) untuk mensponsori peluncuran jaringan CabWiFi ini yang rencananya akan dilakukan pada awal tahun 2013.
Eyetease juga dalam proses menyetujui teknologi lain bernama iTaxitop, yakni buah evolusi dari konsep “taxitop” yang ada di New York. iTaxitop merupakan ‘payung’ layanan pengiklanan digital yang memungkinkan suatu brand untuk memasang iklan, berita, atau informasi umum yang bisa di-update secara nirkabel dan disebarkan antar dua layar berbeda dengan akurasi geografis dan waktu yang ditentukan. Eyetease berharap layanan ini bisa diujicobakan pada awal 2013, menunggu persetujuan Transportasi London. (Khoirunnisa)