Selama Q2 2023, pendapatan dari smart home appliances berukuran besar (termasuk AC, lemari es, dan mesin cuci) melonjak lebih dari 70% YoY.
Diantaranya, pengiriman AC Xiaomi meningkat lebih dari 90% YoY. Kinerja lini bisnis produk lemari es dan mesin cuci terhitung unggul di pasar.
Pengiriman lemari es Xiaomi melebihi 500.000 unit dan pengiriman mesin cuci Xiaomi melebihi 300.000 unit.
Menurut All View Cloud (AVC), pada paruh pertama tahun 2023, pengiriman Xiaomi TV menduduki peringkat No. 1 di pasar domestik China.
Basis pengguna internet global Xiaomi terus berkembang. Pengguna aktif bulanan MIUI pada Juni 2023, di pasar global maupun pasar China, masing-masing mencapai 606,0 juta dan 149,3 juta, mencatat peningkatan YoY sebesar 10,8% dan 6,5%.
Pada kuartal kedua tahun 2023, pendapatan layanan internet Xiaomi mencapai 7,4 miliar RMB (setara 15,4 triliun rupiah), meningkat 6,8% YoY, mencapai rekor kuartalan tertinggi, sementara margin laba kotor layanan internetnya mencapai 74,1%.
Pada kuartal kedua tahun 2023, pendapatan iklan Xiaomi mencapai 5,1 miliar RMB (setara 10,6 triliun rupiah), meningkat 13,0% YoY, dan mencatat rekor tertinggi.
Pendapatan dari periklanan berbasis kinerja dan merek dalam dan luar negeri juga mencatatkan rekor tertinggi baru setiap kuartal.
Pendapatan gaming Xiaomi mencapai 1 miliar RMB (setara 2 triliun rupiah), meningkat sebesar 7,5%, menikmati pertumbuhan YoY selama delapan kuartal berturut-turut.
Baca Juga: Rumor: 1 September Xiaomi 13T Hadir Secara Global, Indonesia?
Sejak awal 2023, industri teknologi global telah mengalami lonjakan pesat dalam pengembangan artificial intelligence (AI).
Faktanya, Xiaomi menjadi salah satu perusahaan pionir di China yang melakukan terobosan agresif di bidang AI.
Sejak pembentukan tim AI visual pertamanya pada tahun 2016, tim AI Xiaomi telah berkembang enam kali lipat dalam tujuh tahun hingga mencapai lebih dari 3.000 tenaga profesional di bidang AI.
Xiaomi secara bertahap mengembangkan kemampuan AI-nya di berbagai bidang seperti visual, audio, akustik, grafik pengetahuan, Natural Language Processing (NLP), pembelajaran mesin, AI multimodal, dan lain-lain.
Baca Juga: Temani Tablet dan Ponsel Lipat, Xiaomi Smart Band 8 Pro Meluncur
Large language model (LLM) yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi telah resmi diluncurkan.
Pada 10 Agustus 2023, LLM yang dikembangkan sendiri dengan 6 miliar parameter oleh Xiaomi menduduki peringkat No. 1 dalam daftar C-EVAL di antara model sejenis dengan parameter tingkat yang sama dan peringkat No. 1 dalam daftar CMMLU dengan LLM berbahasa Mandarin.
Dalam hal arah penerapan LLM di masa depan, Xiaomi akan fokus pada ‘penyebaran ringan dan lokal’, berupaya menyeimbangkan efisiensi dan efektivitas, daripada mengejar ukuran parameter secara besar-besaran.
Xiaomi telah memberdayakan Asisten AI berbasis suara dengan LLM, dan telah memulai pengujian berbasis undangan.
Pada Q2 2023, pengeluaran riset dan pengembangan Xiaomi mencapai 4,6 miliar RMB (setara Rp9,6 triliun), naik 21,0% YoY.
Xiaomi memperkirakan investasi penelitian dan pengembangan akan melebihi 100 miliar RMB (setara Rp200 triliun) selama lima tahun antara tahun 2022 hingga 2026.
Baca Juga: Ponsel Lipat Xiaomi Mix Fold 3 Bawa Empat Kamera Leica
Page: 1 2
This website uses cookies.