Tuesday, July 14, 2020
       
Home News Rumour Harga Smartphone 5G Naik Tahun Depan

Harga Smartphone 5G Naik Tahun Depan

-

Jakarta, Selular.ID – Produsen smartphone Android mungkin tidak punya pilihan kecuali menaikkan harga model premium mereka tahun depan. Pasalnya, harga chip 5G naik pada 2021.

Menurut sebuah posting di platform pesan Korea (via WCCFtech), Platform Mobile Qualcomm Snapdragon 875 akan dijual seharga $250 (~Rp3,6 juta) untuk setiap unit.

Chip ini memiliki modem Snapdragon X60 5G terintegrasi yang mendukung sinyal sub-6GHz dan mmWave 5G.

Jika desas-desus itu benar, harga $250 untuk Snapdragon 875 adalah sekitar $100 lebih tinggi daripada harga $150 – $160 harga unggulan Qualcomm saat ini, Platform Mobile Snapdragon 865.

Meskipun belum jelas, tampaknya penetapan harga ini mencakup modem Snapdragon X55 5G terpisah yang tidak terintegrasi dengan 865 tetapi ditambahkan ke dalamnya untuk ponsel yang bekerja di jaringan 5G.

Sementara Snapdragon 875 akan menjadi penerus Snapdragon 865. Inilah mengapa ponsel Android 5G unggulan akan naik harganya tahun depan.

Posting selanjutnya mengatakan bahwa Xiaomi, yang dikenal dengan nilai handsetnya, berada di tengah “perdebatan sengit” tentang bagaimana harganya akan menjadi flagship 2021 yang menjalankan chipset Snapdragon 875.

Debat ini tidak terbatas pada Xiaomi karena komponennya akan digunakan pada mayoritas 2021 ponsel Android kelas atas dan unggulan.

Chipset baru tentu akan lebih kuat daripada Snapdragon 865. Yang terakhir diproduksi oleh TSMC menggunakan proses 7nm yang cocok dengan sekitar 96,5 juta transistor menjadi mm persegi.

Snapdragon 875 juga akan dibuat oleh TSMC tetapi pengecoran akan menggunakan proses 5nm untuk pertama kalinya pada chipset Snapdragon. Pada simpul proses itu, 171,3 juta transistor dapat masuk ke dalam kuadrat mm. Itu penting karena semakin tinggi jumlah transistor di dalam sebuah chip, semakin kuat dan hemat energi.

Xiaomi dilaporkan berusaha menjaga harga ponsel 2021-nya dengan menggunakan lensa kamera yang lebih murah. Mereka juga bisa menaikkan harga sedikit.

Kemungkinan lain adalah membeli chip dari pabrikan lain seperti MediaTek yang chip 2020 Dimensity 1000-nya menyertakan modem 5G terintegrasi.

Produksi Snapdragon 875 seharusnya sudah dimulai, tetapi chip belum diumumkan secara resmi. Acara itu harus berlangsung menjelang akhir tahun.

Sementara Xiaomi sering menjadi manufaktur Android pertama yang menggunakan chip Snapdragon generasi berikutnya, model Samsung Galaxy S biasanya merupakan brand paling awal yang menggunakan chipset unggulan Snapdragon terbaru.

Latest