Wednesday, May 27, 2020
Home News Kominfo: Perusahaan Asing Bakal Berinvestasi Saat RUU PDP Telah Disahkan

Kominfo: Perusahaan Asing Bakal Berinvestasi Saat RUU PDP Telah Disahkan

-

Jakarta, Selular.ID – Penyerahan RUU PDP (Perlindungan Data Pribadi) telah dilakukan ke DPR. Bahkan, Presiden RI juga turut menyurati Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk segera memproses RUU PDP.

Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (MenKominfo) menyampaikan harapannya agar RUU PDP segera rampung. Pasalnya, MenKominfo itu menyebut ada perusahaan asing yang siap berinvestasi di Indonesia.

“Salah satu yang penting adalah tersedianya UU PDP yang relevan dengan kebutuhan Indonesia dan kebutuhan jaman ini,” ujarnya usai jumpa pers di Jakarta, Selasa (28/01)

“investasi-investasi dibidang data telekomunikasi informatika oleh koorporasi-koorporasi global itu sudah siap tetapi pada juga menunggu selesainya dan tersedianya UU PDP Indonesia.” tambah Johnny.

Pertama, ada perusahaan asal Amerika, yakni Amazon. Johnny mengungkapkan Amazon bakal membangun data center di Indonesia. Bahkan, Indonesia menjadi negara pertama yang menjadi target pembangunan data center Amazon.

“Secara khusus Amazon berbicara bakal membangun 22 data center didunia dan data center pertama akan dibangun di Indonesia,” jelasnya.

Sayangnya, Johnny enggan menyebutkan berapa nilai investasi Amazon terkait data center di Tanah Air. Namun, MenKominfo itu membocorkan bahwa nilainya lebih dari jutaan dollar AS. Melainkan, bisa mencapai hingga miliaran dollar AS. Tak hanya itu, perusahaan asing lainnya juga disebutkan oleh Johnny, antara lain Microsoft.

Baca juga: Resmi Diserahkan ke DPR, Intip Isi RUU Perlindungan Data Pribadi

Namun, nilai investasi yang besar tadi tak akan ada artinya jika UU PDP belum rampung. Johnny menambahkan, isi dari RUU PDP itu sendiri telah ramah terhadap investasi dan inovasi. Adapun hal ini merupakan hasil adopsi dari negara-negara yang telah menerapkan GDPR.

“RUU ini telah memperhatikan best-best practices dari GDPR UU yang menerapkan ini, yang tentunya ramah terhadap investasi dan inovasi.” jelasnya.

Ke depannya, Johnny berharap DPR bisa secara cepat menyelesaikan RUU PDP. MenKominfo itu juga mengajak masyarakat untuk turut memberikan pandangannya terkait RUU PDP nantinya.

“Kami harapkan RUU ini bisa diproses dengan cepat diproses di DPR. dan mengajak masyarakat sekalian untuk memberikan tanggapan pandangan tentang masukan untuk melengkapi RUU PDP kita” tutup Johnny.

TERBARU

Smartphone 5G Redmi 10X Dirilis Terjangkau

Jakarta, Selular.ID - Sub-brand Xiaomi, Redmi, meluncurkan tiga ponsel terbaru di seri 10X, yakni...

Vivo Y70s 5G Melenggang Dengan Chip Samsung

Jakarta, Selular.ID - Pasar smartphone 5G di kelas menengah semakin kompetitif. Setiap hari perangkat...

Realme 6s Mendarat di Eropa

Jakarta, Selular.ID - Realme memperkenalkan anggota baru di seri 6. Ditujukan untuk pasar Eropa,...

Latest