Wednesday, June 3, 2020
Home News Atur Fintech Ilegal, Kominfo Gandeng OJK Susun RUU PDP

Atur Fintech Ilegal, Kominfo Gandeng OJK Susun RUU PDP

-

Jakarta, Selular.ID – RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) tak hanya sebatas melindungi data. Rancangan Undang-undang itu disebut juga mencakup lini keuangan. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan maraknya kasus pencurian data oleh Fintech ilegal.

Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (MenKominfo) mengatakan bahwa Kominfo telah menggandeng Otoritas Jasa keungan (OJK). Adapun langkah ini diambil untuk menerima masukan terkait fintech ilegal.

“RUU ini juga mencakup perlindungan data pribadi terkait dengan keuangan dan tentu ini masukan dan kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) itu juga dilakukan,” ujarnya, dalam konferensi pers Kominfo, Selasa (28/01).

Ia menjelaskan bakal ada 2 jenis data yang diatur. Pertama, data pribadi yang mencakup data diri seseorang, seperti nama, tanggal lahir dan lainnya. Sementara, data kedua yaitu data pribadi yang spesifik dengan cakupan yang luas. Artinya, data itu memiliki ruang lingkup diluar data diri tadi, termasuk fintech.

Terkait dengan hal itu, MenKominfo mengatakan bakal berbicara dengan DPR. Pihaknya bakal membahas batasan ruang lingkup data termasuk bagaimana perlindungannya.

“Data pribadi yg spesifik itu cukup luas ruang lingkupnya dan ruang lingkupnya nanti kita akan bicara dengan DPR bagaimana perlindungannya,” terang Johnny.

TERBARU

Sony Tunda Acara PS5

Jakarta, Selular.ID - Usai mengumumkan bakal menggelar acara PS5  pada 5 Juni, kini Sony...

Epic Game Gratiskan Sludge Life Selama Setahun

Jakarta, Selular.ID – Setelah sebelumnya Epic Game bagi-bagi gratis game GTA V, Civilization VI,...

LG Velvet Tersedia di Pasar Eropa

Jakarta, Selular.ID - Setelah beberapa kali merilis video promosi, LG Velvet akahirnya diluncurkan di...

Latest