Monday, August 3, 2020
       
Home News Telco Tanggapi Kominfo, Telkomsel Siap Migrasi Jaringan ke 4G

Tanggapi Kominfo, Telkomsel Siap Migrasi Jaringan ke 4G

-

Jakarta, Selular.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika belum lama ini menyeru kepada operator Indonesia untuk segera memindahkan jaringan 2G atau 3G menjadi 4G. Menanggapi hal ini, Telkomsel, sebagai salah satu operator di Indonesia mengaku siap mengikuti pemerintah.

Adapun pendapat ini disampaikan oleh Awal R Chalik, Vice President Network Operation Quality Management Telkomsel. Menurutnya, Telkomsel siap mematuhi peraturan dari pemerintah Indonesia, termasuk jika proses migrasi 4G telah diperintahkan.

“Oh kalo kita sih seperti biasanya, Telkomsel selalu ngikutin policy (aturan) dari pemerintah yang mau diterapkan, kita ikut follow.” ujarnya, usai acara Telkomsel, di Karawang, (20/12).

Lebih lanjut, Awal menyebut sudah mengurangi jaringan 3G. Pasalnya, Telkomsel memenuhi kebutuhan cukup dengan jaringan 4G.

“Sekarang 3G itu kita sudah mulai banyak kita kurangin, yang tadi saya bilang kan, karena dulu 3G butuh set lebih banyak sekarang sih gak terlalu banyak dengan 4G sebenarnya sudah cukup.” ujarnya.

Adapun saat ini, cakupan jaringan 4G Telkomsel mencapai 90 persen diseluruh Indonesia. Nantinya, migrasi jaringan 4G dari 2G atau 3G akan menjangkau semua daerah diluar jawa, termasuk wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal).

Terkait dengan hal itu, Telkomsel memaparkan strateginya dalam migrasi jaringan ke 4G. Operator seluler itu mengungkap akan mengandalkan Palapa Ring.

“Kan pemerintah juga sudah punya palapa ring, itu yang nanti kita pakai juga sih” pungkasnya.

Sementara, untuk daerah 3T tak perlu strategi khusus. Melainkan, juga bergantung pada Palapa Ring. Sayangnya, Telkomsel tak menyebut kapan realisasi migrasi 4G tersebut. Pihaknya hanya mengungkap secepat mungkin.

“Sebenernya secara resmi belum ada ya, sebenarnya kita butuh lebih cepat lebih baik sih gitu,” tegasnya.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest