Wednesday, May 27, 2020
Home News Telco Kominfo Minta Operator Seluler Segera Pindahkan Jaringan 2G Jadi 4G LTE

Kominfo Minta Operator Seluler Segera Pindahkan Jaringan 2G Jadi 4G LTE

-

Jakarta, Selular.ID – Penerapan jaringan generasi kelima atau 5G di Indonesia terus didesak. Namun keberadaan jaringan generasi keempat atau 4G juga belum tersebar secara menyeluruh. Merespon hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informasi (kominfo) menyebut operator telekomunikasi segera berbenah.

Adapun, Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informasi, menyebut operator telekomunikasi segera mulai bermigrasi ke 4G LTE, yang sebelumnya hanya 2G ataupun 3G. Menurutnya, hal ini berguna dalam mendorong kecepatan data.

“Sekarang saatnya sudah bermigrasi ke 4G LTE, yang 2G atau 3G marilah kita pelan-pelan pindahkan 4G atau 4G LTE agar bisa mendorong kecepatan data, transmisi data di daerah-daerah” ujarnya, usai acara penandatanganan MoU DTS 2020, Selasa (17/12).

Namun, terkait dengan jangka waktu penghapusannya, Johnny menyerahkan kepada operator seluler. Pasalnya, setiap operator sudah mengetahui waktu terbaik untuk implementasi 4G didaerah 3G. Mereka memiliki estimasi tersendiri termasuk dalam perhitungan biaya yang diperlukan.

Baca juga: Gandeng 88 Perguruan Tinggi, Kominfo Targetkan 60 ribu Talenta Digital

“Tentu kita harapkan itu (4G LTE), perusahaan-perusahaan seluler kan pasti menghitung, menyusun jadwalnya dengan baik, anggarannya dengan baik,” tuturnya.

Perlu diketahui, proses migrasi jaringan generasi keempat itu sendiri tidaklah mudah. Pasalnya, operator seluler memerlukan biaya ekstra. Adapun, pemanfaatan jaringan 4G juga perlu dukungan disisi perangkat, layaknya smartphone. Artinya, ada dua sisi yang harus saling mendorong pemerataan 4G, baik dari operator maupun masyarakat.

Senada dengan hal ini, Johnny justru menyebut masyarakat mengharapkan kehadiran 4G. Pasalnya, Menteri Kominfo itu mengungkapkan harapannya yang tak lain adalah meneruskan harapan rakyat.

“Harapan Kominfo meneruskan harapan rakyat, yaitu speed (kecepatan) internetnya cepat.” tegasnya.

Namun, ketika disinggung lebih lanjut mengenai target pemerataan 4G dari Kominfo, Johnny enggan menyebut. Pihaknya hanya berharap operator seluler mulai meningkatkan kualitas layanan agar bisa memperoleh internet yang cepat.

“Kita harapkan perusahaan-perusahaan seluler bisa mulai menyusun supaya kualitas layanan internetnya didaerah-daerah yang sudah ada towernya, sudah ada powernya, bisa dengan kecepatan yang lebih baik untuk internet.” tutup Johnny.

TERBARU

Huawei Klarifikasi Hubungannya dengan Inggris

Jakarta, Selular.ID – Huawei menyangkal kabar seputar ketidakharmonisan hubungannya dengan negara Inggris. Perusahaan memastikan...

Telkom Bukukan Laba Bersih Rp18,66 Triliun

Jakarta, Selular.ID - Sepanjang tahun 2019 Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57...

Transaksi Youtap Tumbuh 5x Lipat

Jakarta, Selular.ID - Youtap mencatat pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay yang menggunakan jaringan merchantnya...

Latest