Jakarta, Selular.ID – Seperti platform lain, Google dikabarkan akan ikut menerapkan fitur dark mode.atau mode gelap pada Chrome di semua Android, yakni Android Q.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kosumsi baterai ponsel. Selain mengurangi konsumsi baterai, mode gelap juga ramah terhadap mata pengguna.

Google mengklaim, warna yang lebih gelap akan menghasilkan waktu kinerja yang lebih lama. Seperti dilaporkan Android Police.

BACA JUGA:
Fitur Mode Gelap Hadir di Facebook Messenger

Sebelumnya, mode gelap hanya tersedia di Chrome Windows dan MacOs. Dari situlah banyak pengguna yang meminta mode gelap hadir di Chrome Android.Sayangnya mode gelap ini belum bisa dicicipi oleh pengguna sampai pembaruan ini dirilis secara resmi.

Seperti dikatakan Google, bebetapa waktu lalu, bahwa daya tahan baterai ponsel juga dipengaruhi oleh tingkat kecerahan layar dan warna latar yang digunakan.

BACA JUGA:
Google Ujicoba Update UI Chrome Mobile

Mode gelap mengurangi tingkat kecerahan layar dengan mengganti latar belakang putih menjadi berwarna hitam.

Bagi pengguna yang tak terbiasa mengaktifkan dark mode, pengaturan UI ini membalik layar dari teks gelap dengan latar belakang putih ke teks putih pada latar gelap.

Tingkat konsumsi daya baterai akan berkurang dengan signifikan karena layar ponsel (backlight pada tipe LCD, atau per-pixel untuk layar OLED) tak perlu menerangi bagian yang berwarna gelap