Jakarta, Selular.ID – Seiring bergulirnya Android 9.0 Pie, Google mengumumkan menghentikan dukungan untuk Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich.

Dilansir dari 9to5Google, perusahaan tidak lagi menyediakan peluncuran API Play Service untuknya di masa mendatang, yang berarti pembaruan untuk aplikasi pada Android lawas itu kemungkinan akan sedikit sekali.

Google mengatakan timnya menargetkan API pengembang level 16 (untuk Android 4.1 Jelly Bean) sebagai tingkat dukungan minimum.

BACA JUGA:
Android Messages Gulirkan Fitur Deteksi Spam

Dan secara teori, pengembang bisa terus mempertahankan dan memperbarui versi aplikasi mereka khusus untuk pengguna Ice Cream Sandwich yang mendukung API level 14 atau 15.

Bukan berita mengejutkan: menurut dasbor pengembang Google, pada 26 Oktober, hanya 0,03 persen pengguna Android yang masih menjalankan Ice Cream Sandwich.

Namun, 0,03 persen dari hampir 2 miliar smartphone Android di dunia berarti masih ada sekitar 6 juta perangkat dan tablet yang mungkin terpengaruh.

BACA JUGA:
Google Tambah Fitur Smart Reply Untuk Hangouts Chat

Jika Anda masih menggunakan smartphone Android dengan Ice Cream Sandwich, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan untuk upgrade ke perangkat yang lebih modern.