Jakarta, Selular.ID – Baru beredar di pasaran, MediaTek Helio P70 siap menggebrak industri smartphone, khususnya di segmen menengah. Di segmen tersebut, MediaTek Helio P70 akan berhadapan langsung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660. Smartphone Realme beruntung mendapatkan jatah lebih dulu untuk chipset MediaTek Helio P70.

Dilansir dari berbagai sumber, Mediatek mengklaim bahwa Helio P70 memiliki performa optimal dibandingkan chipset lain di pasaran seperti Qualcomm Snapdragon (SD) 660.
Meski sama-sama bertarung di kelas menengah, MediaTek Helio P70 dan Qualcomm Snapdragon 660 memiliki beberapa perbedaan. Khususnya, dari segi performa. Apalagi tak lama lagi prosesor ini akan dibenamkan di smartphone Realme.

BACA JUGA:
Tes AnTuTu, Realme U1 Kalahkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Seperti apa perbedaan MediaTek Helio P70 dan Qualcomm Snapdragon 660, simak ulasannya berikut ini.

1. Teknologi Fabrikasi

Snapdragon 660 dibangun berdasarkan teknologi fabrikasi 14 nm. Sementara itu MediaTek Helio P70 menggunakan teknologi fabrikasi 12 nm. Semakin kecil ukuran transistor,maka performa yang ditawarkan jauh lebih cepat.

2. Pengolah Grafis

Soal grafis, Snapdragon 660 disematkan GPU Adreno 512. Sedangkan Mediatek Helio P70 menggunakan Mali-G72 yang berjalan lebih kencang dalam mengolah grafis. Dibandingkan pendahulunya Helio P60, kinerja Helio P70 30 persen lebih cepat.

BACA JUGA:
Akhirnya, Realme Ungkap Nama Smartphone dengan Chipset Mediatek Helio P70

3. Kemampuan menangkap objek foto

Kedua chipset ini dibekali kemampuan pengolah foto cukup handal. Snapdragon 660 mendukung pengguna sensor kamera hingga 25 MP untuk single camera dan 16 MP untuk dual camera.

Mediatek Helio P70 dapat menunjang sensor kamera hingga 32 MP untuk single-camera. Sehingga, tak heran chipset ini dapat memberikan pengalaman fotografi terbaik.

4. Konektivitas

Urusan Konektivitas, Snapdragon 660 menggunakan modem X12 LTE. Di dalamnya terdapat dukungan untuk LTE Cat-12 untuk downlink dan Cat-13 untuk uplink.

BACA JUGA:
Lebih Powerful, Mediatek Helio P70 Pecundangi Qualcomm Snapdragon 660

Sementara Helio P70 menggunakan generasi terbaru 4G LTE dari MediaTek yang mendukung Cat-7 untuk downlink dan Cat-13 untuk uplink.

Sebentar lagi prosesor MediaTek Helio P70 akan segera dinikmati bagi pengguna smartphone, terutama Realme. Smartphone Realme yang sedang naik daun ini telah menjadi nomor satu dan terlaris selama harbolnas 2018. Kehadiran MediaTek Helio P70 di Realme menjadikan Realme sebagai smartphone pertama di dunia yang membenamkan prosesor tersebut.