Jakarta, Selular.ID – Pasar smartphone Indonesia dibanjiri dengan berbagai produk dari berbagai produsen dengan rentang harga yang bervariasi. Perlu pengamatan yang cerdas bagi konsumen yang hendak membeli samrtphone.

Bagi konsumen yang sangat memperhatikan soal harga, saat ini brand smartphone yang cukup serius menawarkan perangkatnya dengan harga yang terjangkau ada beberapa merek seperti Asus, Honor dan Xiaomi.

Dua merek terakhir yang saya sebut, belakangan menyajikan persaingan yang cukup seru. Beberapa smartphone Honor bahkan disebut dan diyakini sebagai Xiaomi killer untuk perangkat di rentang harga yang serupa.

Di segmen smartphone entry level, ada XIaomi dengan Redmi 5 dan Honor dengan Honor 9i.

Di tulisan ini saya akan beri ulasan bagaimana perbandingan kedua smartphone ini supaya pembaca tidak salah dalam menentukan pilihan.

Kita langsung saja ke ulasan pertama yang sangat terlihat jelas dengan kasat mata, yakni soal desain.

Desain

Sebenarnya kalau bicara desain, mau saya skip saja. Pasalnya, dengan mata telanjang dan tidak perlu penilaian seorang pakar, desain kedua smartphon ini tampak terang benderang perbedaannya.

Honor seperti bisa menawarkan desain mewah dalam setiap perangkat yang dihadirkannya, tidak terkecuali di perangkat Honor 9i.

Desain kaca reflektif dan warna-warna kece yang ditawarkan Honor 9i membuat perangkat ini terkesan premium dan ngga malu-maluin untuk digenggam.

Kaca reflektif di permukaan Honor 9i bisa dimanfaatkan untuk bercermin. Biasanya saya gunakan kalau mau liputan, turun dari motor sebelum masuk ke lokasi liputan saya bercermin dulu di Honor 9i untuk melihat apakah penampilan saya sudah rapih atau belum. He he he.

Hal yang jauh berbeda terlihat pada desain Xiaomi Redmi 5. Warna silver yang ditawarkan pada desain smartphone ini terkesan sangat biasa, seperti kebanyakan smartphone murah lainnya.

Kesan murah pada Redmi 5 semakin diperparah dengan build quaity yang buruk. Perangkat Redmi 5 terlihat sangat “ringkih”, tombol power di perangkat yang saya miliki seperti akan terlepas.

BACA JUGA:
Babak Baru Pertarungan Samsung Vs Xiaomi

Sementara Honor 9i menawarkan build quality yang jauh lebih baik. Perangkat Honor 9i terlihat kokoh dengan kerangka logam yang mamu melindungi smartphone dari benturan.

Untuk dimensi perangkat, kedua smartphone memiliki ketebalan yang sama setebal 4mm. Redmi 5 mempunyai ukuran yang lebih besar beberapa milimeter dibandingkan dengan Honor 9i.

Begitu juga dengan berat perangkat, Redmi 5 memiliki berat 158 gram sedangkan Honor 9i hanya 151 gram saja.

Hal ini membuat Honor 9i lebih nyaman berada di genggaman meski keduanya menawarkan fungsionalitas tombol fisik yang sama dimana tombol power dan volume rocker sama-sama berada di sisi kanan smartphone.

Layar

Perbedaan mencolok pada layar kedua perangkat ini adalah Honor 9i mengadopsi tren layar yang memiliki notch sementara Redmi 5 tidak.

Bentang layar Redmi 5 sepanjang 5,7 inchi sedangkan Honor 9i memiliki bentangan yang lebih panjang yakni 5,8 inchi yang membuat layar Honor 9i lebih luas.

Dengan rasio layar 19:9 yang ditawarkan oleh Honor 9i membuat visual yang disajikan oleh perangkat ini lebih luas dibandingkan dengan Redmi 5 yang menawarkan rasio layar 18:9.

Ketika digunakan untuk browsing, Honor 9i mampu menyajikan konten yang lebih banyak dibandingkan dengan yang mampu ditampilkan oleh Xiaomi Redmi 5.

Dengan rasio layar yang lebih luas, menikmati tayangan video ataupun bermain game di Honor 9i menjadi lebih nyaman.

Kenyamanan yang ditawarkan Honor juga dikarenakan Honor 91 memiliki kualitas layar yang lebih baik dengan menyematkan layar FHD+ dengan resolusi 1080×2280. Sementara layar Redmi 5 belum full HD dengan resolusi yang ditawarkan hanya 720×1440.

Kerapatan pixel yang dimiliki oleh Honor 9i juga lebih rapat dengan 433 ppi sedangkan Redmi 5 hanya283 ppi.

Honor 9i juga dilengkapi fasilitas untuk mengatur screen resolution yang dapat menghemat penggunaan daya baterai menjadi lebih panjang.

BACA JUGA:
Honor Rilis View 20 dengan Sensor Kamera Mencapai 48MP

Performa

Beralih ke performa smartphone, saya akan bahas “jeroan” yang terdapat di masing-masing perangkat.

Urusan kinerja smartphone, Xiaomi Redmi 5 dibekali prosesor besutan Qualcomm yakni Snapdragon 450 sedangkan Honor 9i menggunakan prosesor besutan Huawei HiSilicon Kirin 659. Keduanya menggunakan CPU 8 cores.

Untuk pemrosesan grafis, Redmi 5 menggunakan GPU Adreno 506 sedangkan Honor 9i menggunakan GPU Mali-T830MP2.

GPU Mali yang digunakan Honor 9i memiliki beberapa keunggulan,  salah satunya adalah teroptimasi dengan baik.

Ponsel yang ada sekarang ini pun lebih banyak yang menggunakan GPU Mali dibandingkan dengan Adreno.

GPU Mali ini banyak disukai oleh pengembang aplikasi dikarenakan mempunyai clock speed dan kemampuan rendering lebih baik dibanding Adreno.

Berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi Antutu, CPU clock range yang didapat Honor 9i adalah 480.0 ~ 2361.9998Mhz sedangkan Redmi 5 sebesar 652.8 ~ 1804.8Mhz.

GPU Mali juga mampu menggambar lebih cepat dibanding dengan Adreno. Hal ini karena rendering yang dimiliki Mali lebih bagus dibanding Adreno.

Xiaomi Redmi 5 menawarkan dua pilihan RAM dan penyimpanan internal yakni 2GB+16GB dan 3GB+32GB. Begitu juga Honor 9i  yang menawarkan pilihan 3GB+32GB dan 4GB+64GB.

Untuk menunjang kinerja perangkat, Redmi 5 memiliki baterai berdaya 3300mAh sedangkan Honor 9i kapasitas baterainya lebih kecil yakni hanya 3000mAh saja.

Bagi pengguna yang mengedepankan fitur keamanan, Honor 9i menawarkan fasilitas yang lebih lengkap yakni fingerprint dan juga face unlock.  Sedangkan Redmi 5 hanya memiliki fitur finger print saja.

Gaming Test

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengguna dengan smartphone-nya adalah bermain game. Karenanya produsen smartphone saat ini banyak yang membekali perangkatnya dengan kemamouan gaming yang baik.

Meski tidak difokuskan untuk segmen gaming, Honor 9i dan Redmi 5 cukup lumayan untuk diajak bermain game yang membutuhkan pengolahan grafis yang tinggi.

Saya mencoba memainkan game PUBG di kedua perangkat ini. Dari hasil pengujian saya baik Honor 9i maupun Redmi 5 hanya mampu memainkan game ini pada setting grafis Balanced dengan frame rate medium.

BACA JUGA:
Kuasai Pasar, Honor Jadi Nomor Satu di China
Setting grafis dan frame rate Honor 9i
Setting grafis dan frame rate Redmi 5

Namun dari sisi kenyamanan mata saat bermain, Honor 9i dengan rasio dan resolusi layar yang lebih besar dari Redmi 5 memberikan pengalaman gaming yang lebih baik.

Kualitas grafis pada Honor 9i tentunya akan lebih baik lagi jika perangkat sudah menerima update GPU Turbo seperti yang dijanjikan akan diberikan melalui Over The Air (OTA).

Kamera

Memasuki bagian perekaman gambar, di sini saya hanya akan membandingkan spesifikasi yang ditawarkan oleh kedua perangkat. Untuk ulasan bagaimana performa kedua perangkat ini dalam merekam gambar akan saya sajikan pada tulisan yang berbeda. Jadi tunggu ulasan saya berikutnya.

Kita mulai dengan Honor 9i. Kamera utama pada perangkat besutan Honor ini menawarkan dual kamera dengan kapasitas resolusinya 13MP + 2MP.

Sementara kamera utama Xiaomi Redmi 5 hanya mengusung single kamera berkapasitas resolusi 12MP saja.

Untuk kebutuhan selfie, Honor 9i menawarkan kapasitas kamera yang lebih besar dari Xiaomi Redmi 5. Honor 9i memiliki kamera depan beresolusi 16MP, sedangkan Redmi 5 hanya memiliki kamera dengan resolusi 5MP saja.

Fitur yang tiawarkan pada perangkat fotografi di Honor 9i pun lebih banyak ragamnya dibanding Xiaomi Redmi 5. Selain itu Honor 9i juga menyediakan pilihan perekaman video sementara di Redmi 5 tidak nampak.

Kesimpulan

Di segmen entry level, kedua smartphone ini mempunyai harga yang terpaut sedikit dimana Honor 9i ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi beberapa ratus ribu.

Namun demikian dengan perbedaan harga tersebut, Honor 9i mampu memberikan kompensasi lain dengan menghadirkan beberapa kelebihan seperti desain yang elegan dengan warna-warna yang memukau dengan build quality yang baik.

Spesifikasi yang ditawarkan pun sesuai dengan harga yang dibanderol.