Jakarta, Selular.ID – Serangan Malware makin menggila, tak hanya pada perangkat komputer, namun juga pada smarthone khususnya Android. Hal ini biasanya disebabkan karena pengguna smartphone Android mengunduh sembarang aplikasi dari pihak ketiga.

Malware yang tertanam di smartphone Anda akhirnya memberikan akses tanpa batas kepada pembuatnya untuk mengeksploitasi perangkat tersebut. Untuk itu dibutuhkan cara yang tepat dan perlindungan khusus terhadap smartphone Android dari serangan malware.

Berikut tips menghindari smartphone Android Anda dari serangan malware seperti Lifehack.

BACA JUGA:
Tips Percepat Akses App Store

1. Install Antivirus dan update secara berkala

Memasang antivirus di perangkat Android merupakan hal terpenting yang wajib Anda lakukan. Sebaiknya, Anda menginstall aplikasi antivirus ternama seperti AVG, Avast, Norton, Kaspersky dan aplikasi antivirus lainnya. Jangan mengunduh aplikasi antivirus tidak jelas dan gratisan, selain rentan masalah, aplikasi tersebut biasanya sudah tertanam malware dan spyware yang berbahaya. Setelah menginstall aplikasi antivirus tersebut, update antivirus tersebut secara berkala.

2. Jangan download aplikasi sembarangan di Play Store

BACA JUGA:
Google Buang Belasan Game yang Disusupi Malware di Play Store

Aplikasi yang terdapat di Play Store belum tentu terbebas dari Malware atau Spyware. Karena mudahnya memajang hasil karya aplikasi di Google Play Store, tak sedikit para developer nakal memanfaatkan hal tersebut dengan menanamkan malware dan spyware pada aplikasi buatan mereka. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus teliti saat memberikan access permission saat menginstal aplikasi. Jika terdapat permintaan izin ke tool yang mencurigakan, sebaiknya, Anda tidak meneruskan proses instal aplikasi tersebut.

BACA JUGA:
Cara Main PUBG Mobile di PC Menggunakan Tencent Gaming Buddy

3. Hati-hati saat menggunakan WiFi publik

Jaringan Wi-FI gratis juga dimanfaatkan oleh para hacker untuk menyerang perangkat Anda melalui malware tersebut. Jika Anda ingin menggunakan jaringan Wi-Fi publik, pastikan koneksi publik tersebut aman dan memang benar-benar ditawarkan oleh penyedia layanan yang terpercaya.

4. Update Sistem Operasi

Untuk menghindari malware, perbarui sistem operasi Android Anda. Selain mengoptimalkan fungsi perangkat, update OS ini sering menyertakan perbaikan bugs di dalamnya sehingga dapat mencegah malware.