Jakarta,Selular.ID – Sistem operasi Android baru Google dengan inisial P masih dalam proses uji coba. Preview Android P sudah dapat dlihat di smartphone Google Pixel, Pixel XL, Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Sejauh ini hanya perangkat tersebut yang bisa menjalankan Android P Beta 3.

Ofiicial APIs Android P telah diselesaikan dengan sebelumnya versi beta. Sejumlah perbaikan masih terus dikakukan karena masih ada sedikit bug. Tidak ada fitur baru yang ditambahkan pada tahap ini.

BACA JUGA:
Google Stop Dukungan ke Android 4.0

Seperti dilaporkan Trusted Reviews,
Google memperkirakan bahwa OS Android P akan diluncurkan setelah menjalani serangkaian tes pada Agustus atau September 2018.

Hal ini berkaca pada dua sistem operasi (OS), Android terakhir dirilis Google pada bulan Agustus. Android Nougat dirilis pada 22 Agustus 2016, sementara Oreo pada 22 Agustus 2017.

Kemungkinan, Android terbaru yang saat ini masih dalam tahap pengujian final juga akan dirilis di bulan yang sama. Terkaan ini muncul setelah Evan Blass, seorang yang kerap memprediksi memposting sebuah kicauan.

BACA JUGA:
Jaket Ini Bisa Ingatkan Anda Jika Ketinggalan Smartphone

Dalam akun pribadinya, @evleaks menampilkan sebuah gambar kalender bulan Agustus 2018. Tepat di tanggal 20, ditempel huruf P bewarna hijau, yang identik dengan warna Android.
Tanggal tersebut diyakini akan menjadi debut Android P, yang juga akan diumumkan nama resminya.

Nama Android P sendiri masih belum pasti. Beberapa kandidat nama makanan khas Android menyeruak, seperti Pistachio atau Pie.

BACA JUGA:
Ubah UI, Google Play Tampil Lebih Sederhana

Namun kabar baru kembali mencuat mengenai Pistachio. Nama Android generasi selanjutnya atau Android 9.0 muncul yang diungkap oleh karyawan Huawei, menurut situs web Polandia Tabletowo.

Hal ini terkuak ketika menanggapi pertanyaan tentang jalur peningkatan untuk Huawei P9 Lite, customer representative menamakan Android 9.0 sebagai Android Pistachio.

Perlu diketahui, Google menggunakan nama makanan manis dengan awalan yang sesuai abjad. Mulai dari Android Cupcake (Android C) hingga terakhir Oreo (Android O).