Jakarta, Selular.ID – Aplikasi Tik Tok masih jadi perbincangan hangat. Setelah
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) menutup layanan Tik Tok hingga waktu yang belum ditentukan, keesokan harinya, pada 3 Juli 2018, perwakilan Tik Tok menyambangi Kemkominfo.

Dalam kedatangannya, pihak Tik Tok sepakat untuk membersihkan konten-konten yang dianggap negatif. Pihak Tik Tok pun mengaku sudah meng-hire 20 orang untuk membersihkan konten negatif tersebut.

Hal itu pun dibenarkan Noor Iza sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo. Menurutnya, sejauh ini aplikasi Tik Tok masih dalam status di blokir, jika menemukan Tik Tok dalam Play Store, menurutnya hanya bisa diinstal namun tetap tidak aktif.

Baca Juga:  Australia Tertarik Berinvestasi dengan Startup di Bidang Ini

Baca juga: Ini Alasan Pemerintah Blokir Tik Tok

“Belum dibuka blokirnya, memang benar masih ada di Play Store, tapi tidak aktif silakan saja diinstal tapi tetap tidak bisa dipakai,” tutur Noor dalam pesan singkat kepada Selular.id (06/07/18).

Dikatakan Noor, Kominfo akan membuka blokir Tik Tok, asalkan Tik Tok memenuhi aturan yang diinginkan pemerintah yakni
menjaga konten positif dan menghindari negatif.

Baca Juga:  Update BBM Android Mungkinkan Pengguna Tarik Kembali Gambar Yang Terkirim

Tidak hanya itu saja, Tik Tok harus memiliki tim monitoring di Indonesia, memiliki pusat monitoring di Indonesia, serta berkomitmen melaksanakan hal- hal yang diminta berkenaan konten negatif dengan respon yang cepat.

Kemudian, menurut Noor batas umur juga perlu diperhatikan.Batas usianya Tik Tok 12 tahun. Hal tersebut juga menjadi pertimbangan. Pemerintah dikatakan Noor menaikan batas umur. Pemerintah meminta batas usia minimal 15 tahun untuk dapat menggunakan aplikasi Tik Tok.

Baca Juga:  Ini Penyebab UC Browser dihapus di Play Store

baca juga: Pemerintah Akan Buka Blokir Tik Tok, Ini Syaratnya

“Ya mereka katakan sih sudah bersih tapi kasih tahu kalo sudah bersih. Kita lihat, kita akan review,” kata Noor lagi.

Noor menyebutkan, jika sudah bersih, Tik Tok harus buat komitmen tertulis, jika susah selesai Noor menegaskan Tik Tok kapan pun bisa dibuka, namun untuk saat ini Noor memastikan kalau Tik Tok statusnya masih diblokir