Jakarta, Selular.ID – Tim BeeHive Drones dari University of Manchester mewakili Indonesia di ajang Imagine Cup ke 16 yang diselenggarakan Microsoft. Di perhelatan yang digelar di Amerika Serikat itu, BeeHive Drones memperkenalkan sistem drone mereka yang dapat diakses dari aplikasi mobile untuk menghadirkan solusi pertanian yang presisi bagi para petani.

Tahun ini, 49 tim dari 33 negara, termasuk 20 tim dari kawasan Asia Pasifik, terpilih untuk mengunjungi kantor pusat Microsoft di Redmond, Washington, AS, untuk menampilkan kecerdasan mereka dalam memaksimalkan teknologi modern untuk memecahkan beberapa tantangan-tantangan terberat di seluruh dunia.

Beehive Drones Agriculture merupakan sebuah sistem drone kooperatif yang dapat diakses melalui aplikasi seluler untuk menghadirkan pertanian yang presisi bagi para petani. Sistem ini dirancang untuk melakukan analisis pertanian dan pekerjaan agrikultur, serta memudahkan penggunaan drone melalui situs web atau aplikasi seluler.

“Kami merasa bangga dan terhormat dapat mewakili Indonesia dalam final dunia Imagine Cup 2018. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada BEKRAF, Kementerian Pertanian dan Microsoft Indonesia. Rencana kami dalam waktu dekat ini adalah untuk memperkenalkan teknologi drone kami ke berbagai perkebunan dan perusahaan agrikultur,” jelas Albertus Gian, CEO BeeHive Drones.

“Namun, kami tidak ingin teknologi drone kami terbatas untuk agrikultur saja. Kesempatan selalu terbuka karena kami merupakan pengelola sistem drone yang dapat dialihfungsikan untuk keperluan lain. Kami sudah terhubung dengan beberapa klien potensial diberbagai bidang, sistem pengantaran, dan sistem komunikasi.”

Irving Hutagalung, Audience Evangelism Manager dan Commercial Software Engineering, Microsoft Indonesia yang juga menjadi salah satu mentor untuk tim Indonesia menyebutkan Microsoft terus mengajak inovator muda untuk memiliki keberanian untuk maju dan mengembangkan solusi yang akan memecahkan permasalahan dunia nyata.

“Kami sangat menantikan bagaimana tim ini dapat mengembangkan teknologi mereka lebih jauh dan benar-benar membawa dampak bagi Indonesia.”

Diselenggarakan setiap tahunnya sejak 2013, Microsoft Imagine Cup adalah kompetisi teknologi pelajar pertama di dunia, yang dikenal di kalangan peserta sebagai “Olimpiade dari kompetisi teknologi pelajar”. Hingga saat ini, kurang lebih sebanyak 1,8 juta pelajar dari 190 negara telah terlibat dalam program Imagine Cup.