Jakarta, Selular.ID – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) manfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi guna melindungi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri dengan meluncurkan aplikasi Safe Travel yang berbasis multi-platform.

Dikutip dalam situs resminya, Aplikasi Safe Travel Kemlu diluncurkan secara resmi pada puncak acara The Safe Travel Festival yang digelar di Jakarta pada pertengahan April 2018. Namun untuk versi beta sudah diluncurkan pada Januari 2017.

Pasalnya WNI yang berada di luar negeri cukup banyak. Data Kemlu menunjukkan sebanyak 2.978.446 WNI berada di luar negeri. Dari jumlah tersebut, mayoritas sebesar 2.825.939 merupakan pekerja migran, sisanya terdiri atas pelajar dan Anak Buah Kapal (ABK). Sementara itu, tercatat 18 juta WNI berpergian ke luar negeri untuk keperluan wisata, termasuk wisata religi, seperti haji dan umroh.

Yang melatarbelakangi Kemlu luncurkan aplikasi ini didasari kejadian gempa bumi di Nepal. Aplikasi Safe Travel Kemlu diharapkan dapat meningkatkan perlindungan bagi para WNI yang berada di Luar Negeri.

Tidak hanya dalam kondisi darurat, aplikasi ini dirancang dengan konsep aman dan menyenangkan, berisikan informasi praktis yang diperlukan WNI. Dalam aplikasi yang dapat diunduh gratis ini, WNI akan mendapatkan informasi lengkap mengenai berbagai negara di dunia.

Fitur penting lain yakni tombol darurat (panic button). Dalam keadaan darurat, WNI yang berada di luar negeri dapat menggunakan fitur tombol darurat untuk mengirim foto, merekam video, menghubungi Perwakilan RI terdekat dan mengirim lokasi kejadian.

Berikut fitur Aplikasi Safe Travel Kemlu

1. Indonesian Nearby
Fitur ini menyediakan informasi mengenai WNI yang berada dekat lokasi anda saat berada di luar negeri. Melalui fitur ini, para WNI dapat berkenalan, mengobrol dan mengembangkan jaringan pertemanan untuk memperkuat komunitas WNI di luar negeri.

2. Informasi Lengkap Negara di Dunia
Fitur ini termasuk status negara (berupa tingkat keamanan dan kerawanan yang ditandai dengan indikator warna). Ada juga informasi Akses Pelayanan Perwakilan RI. Daftar 130 Perwakilan RI (Menyediakan informasi alamat, nomor telepon, faksimili, email, dan hotline Perwakilan RI, baik Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, ataupun bila terdapat Konsulat RI.

3. Konektivitas Media Sosial
Pengguna aplikasi Safe Travel dapat memajang foto selfie dan melakukan check in untuk diunggah di media sosial seperti Facebook sehingga bisa tetap eksis dengan teman-teman dunia maya

4. Points dan Badges
Pengguna aplikasi dapat memperoleh points dan badges (lencana) sejak melakukan check in. Akan ada reward bagi pengguna yang mendapat poin dan lencana tertentu.