Jakarta,Selular.ID – Sebagai layanan pesan singkat ternyata tidak banyak yang tahu bahwa ada banyak fitur tersedia di aplikasi Messenger selain layanan pesan singkat di dalam aplikasi ini.

Dalam keterangan resminya dijelaskan, Messenger dapat melakukan group video chat (obrolan video dengan grup) dan melakukan pemesanan restoran dengan grup, membuat playlist lagu grup. Namun bagaimana cara menggunakannya, dan apa keistinewaanya, berikut  hal yang perlu  diketahui tentang fitur Messenger.

1Semua orang bisa menggunakan Messenger

Semua fitur yang ada di Messenger termasuk fitur untuk mengirimkan foto, video, panggilan suara dan video, serta stiker tersedia bagi siapa saja di atas usia 13 tahun yang memiliki nomor ponsel, meskipun  tidak memiliki akun Facebook. Yang harus Anda lakukan hanya mengunduh aplikasi Messenger. Langah pertama Messenger  akan  menyatakan bahwa, tidak memiliki akun Facebook? Setelah itu, Anda dapat mendaftar hanya dengan menggunakan nama, nomor ponsel, dan foto.

2Terhubung dengan 50 teman dalam satu group video chat

Messenger memungkinkan penggunanya melakukan group video chat (obrolan video grup) dengan 50 teman Anda di group. Pengguna juga bisa menggunakan reactions untuk menggambarkan perasaan antara lain, love (cinta), laugh (tertawa), wow (terkejut), angry (marah), dan cry (menangis). Pengguna juga bisa dengan mudah mengambil screenshot percakapan  yang bisa disimpan sebagai catatan dengan menekan ikon kamera.

3Berinteraksi dengan bot di Messenger

Fitur ini tersedia di Messenger, sehingga pengguna bisa berinteraksi langsung dengan brand yang menyediakan layanan bot. Salah satu contohnya adalah Virtual Assistant Chat Banking BCA (VIRA)  yang bisa membantu nasabah BCA untuk mengetahui informasi dan promosi seputar BCA melalui Messenger.

4Memilih dan memesan meja di restoran pilihan

Merencanakan makan malam bisa dilakukan dengan mudah di Messenger. Pengguna bisa membuka tanda tambah (plus) yang berwarna biru dalam percakapan dengan teman, kemudian temukan bot ‘Open Table’ yang bisa digunakan untuk mencari dan bahkan melakukan reservasi untuk restoran tanpa meninggalkan percakapan di Messenger.

5Membuat Group Playlist di Spotify

Jika pengguna memiliki akun Spotify, pengguna bisa dengan mudah menemukan dan membagikan 30 detik dari lagu kesukaan di percakapan Messenger. Pengguna juga bisa membuat group playlist dengan teman-teman dalam percakapan Group sebagai persiapan menjelang akhir pekan. Pengguna bisa menyusun playlist tersebut dengan menekan ikon + dan menekan Spotify di bawah ekstensi yang ada.

6Kirim pesan video berdurasi 15 detik ke teman

Pengguna bisa merekam video singkat dengan menekan lingkaran kamera selama 15 detik atau kurang dari 15 detik.

7Bermain games

Berkat platform Instant Games di Messenger pengguna bisa mengklik ikon pengendali yang ada di dalam pesan baru untuk mengeksplor permainan yang tersedia di Messenger. Pengguna bisa bermain game klasik seperti Snake dan Pac-Man, atau mainan terfavorit baru seperti Endless Lake dan EverWing.

8Mencari Teman

Pengguna bisa memilih untuk mengirimkan lokasi secara real-time agar memudahkan membuat janji pertemuan dengan teman  melalui Messenger. Untuk melakukan ini, Pengguna bisa menekan ikon + dan memilih Location. Dengan demikian, pengguna bisa mengirimkan lokasi  secara live kepada teman (selama satu jam) sehingga mereka mengetahui dimana Anda berada dan dapat memperkirakan kapan Anda sampai di lokasi.

Selain itu, pengguna juga bisa berbagi lokasi restoran dimana kalian akan bertemu dengan menekan ikon pin dan menemukan restoran pilihan sebelum mengirimkan alamatnya di peta melalui Messenger.

9Bereaksi menggunakan Message Reactions

Gunakan Message Reactions dalam percakapan pesan dengan teman. Sebagai contoh, ketika seseorang mengirimkan foto hewan peliharaan mereka yang lucu, pengguna bisa memberikan respon dengan menampilkan reaksi ‘love’ (emoji mata cinta).

Saat seorang teman mengajak makan malam dan memberikan pilihan tempatnya, pengguna bisa dengan mudah memberikan respon ‘ya’ menggunakan reaksi (emoji jempol ke atas) atau ‘tidak’ (emoji jempol ke bawah) pada pilihan yang  disukai.

Baca juga: Facebook Messenger Lite Menambahkan Video Chat

Pengguna bisa menekan pesan yang ada dan menahannya selama beberapa detik, kemudian tekan Message Reactions yang disukai mulai dari love (cinta), smile (senyum), wow (terkejut), sad (sedih), angry (marah), ya, atau tidak.