Friday, September 21, 2018

Perkuat Pamor Kopi Indonesia di Dunia, Tokopedia dan Kokopi Berkolaborasi

Jakarta, Selular.ID – Untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Indonesia, Koperasi Komunitas Kopi Indonesia (Kokopi) bekerja sama dengan Tokopedia mengadakan Kopi United (www.kopiunited.id), sebuah program untuk mendorong industri kopi lokal.

Melalui program ini, kedua pihak berharap dapat memberikan ruang distribusi produk kopi lokal dari hulu ke hilir, terutama melalui platform digital yang ditawarkan Tokopedia.

“Dunia Perkopian di tanah air kita setahun belakangan berkembang sangat pesat. Data dari ICO (International Coffee Organization) mencatat, pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia lebih besar daripada dunia pada umumnya. Kami berharap, para pengusaha yang terkait industri kopi bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendorong pengembangan bisnis UMKM sampai ke petani,” ujar Ronald FRS, Ketua Kokopi.

Kopi Indonesia memang merupakan salah satu komoditas potensial yang sudah mendunia sejak lama, meski secara prestasi dunia sebenarnya Indonesia masih menduduki peringkat ke-empat produsen terbesar setelah Brazil, Columbia, dan Vietnam. Kopi Indonesia menjadi nomor 1 dunia terakhir kalinya adalah pada tahun 1732 (hampir 300 tahun yang lalu).

“Kopi memiliki potensi ekonomi kreatif luar biasa, terutama sebagai salah satu alternatif anak bangsa dalam berwirausaha. Kami mengimbau seluruh pegiat industri kopi untuk bersatu memperkuat pamor Kopi Indonesia agar bisa menjadi yang paling unggul di dunia,” tambah Ronald.

Sementara itu, Monita Moerdani, Head of Brand Tokopedia mengatakan bahwa komoditi kopi menyentuh banyak rakyat dan pelaku bisnis UMKM, mulai dari petani, hingga pemilik kafe kopi lokal yang sekarang semakin populer di tanah air. Hal ini senada dengan semangat Tokopedia yang ingin mendorong kreator lokal untuk bisa terus bersaing dan berkembang, menjadi kebanggaan Indonesia.

BACA JUGA:  Top Up Mandiri E-Money Kini Bisa di Tokopedia

“Saat ini, sudah ada beragam produk kopi lokal yang dikenal oleh masyarakat lewat Tokopedia. Banyak cerita tentang merchant kami justru mendapat ide untuk merintis dan mengembangkan usaha kopi secara online melalui Tokopedia. Tokopedia berkomitmen untuk terus mendampingi para pebisnis kopi lewat berbagai program edukasi pengembangan bisnis di era digital. Kami juga akan menyediakan laman khusus berupa Hot List Kopi Indonesia untuk mempermudah Toppers (pengguna Tokopedia, ed.) pencinta kopi mendapatkan kebutuhan akan produk kopi lokal secara lebih mudah. Hal ini sejalan dengan misi Tokopedia dalam mendukung pemerataan ekonomi lewat digital dimana siapa saja bisa memulai dan mengembangkan bisnis tanpa harus pindah ke kota yang lebih besar, di sisi lain juga bisa menemukan barang kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan,” jelasnya.

Dalam acara Kopi United, para pegiat kopi bisa belajar mengembangkan berbagai potensi bisnis terkait komoditas ini. Sedikitnya terdapat 15 nomenklatur bisnis kopi Indonesia mulai dari penanaman, pengolahan paska panen, penjualan biji dan bubuk kopi, pengelolaan kedai kopi, desain dan perlengkapan kedai kopi, merchandise, oleh-oleh khas daerah, lukisan, pengharum ruangan, hingga bahan campuran pembuat pakaian.

Para peserta juga dapat mengikuti berbagai macam sesi diskusi tentang kopi, pelatihan barista, Cafe Management Workshop, serta demo. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang mengembangkan jaringan pagi para pegiat Kopi Indonesia. Berlokasi di Blok M Square, acara yang berlangsung pada 2-4 Februari 2018 ini akan diikuti puluhan pelaku bisnis kopi dari hulu ke hilir.

BACA JUGA:  Top Up Mandiri E-Money Kini Bisa di Tokopedia
Indra Khairuddin
Editor Selular.ID

MUST READ

Ini 4 Fitur Andalan Vivo V11 Pro

Jakarta, Selular.ID – Vivo secara resmi meluncurkan smartphone barunya ke Indonesia yakni Vivo V11 Pro. Sejauh ini Vivo dikenal dengan inovasi dan teknologi barunya. Vivo...

LATEST

Waspada Serangan Trojan Berkedok Software

Jakarta, Selular.ID - Tim Riset dan Analisis Global Kaspersky Lab (GReAT) telah menemukan sejumlah infeksi Trojan tidak dikenal. Ada indikasi terkait dengan pelaku ancaman...

Percepat Pertumbuhan, OVO Tunjuk CTO Baru

Jakarta, Selular.ID - Dinilai memiliki keahlian teknis yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya, OVO menunjuk Budi Kusmiantoro sebagai Chief Technology Officer (CTO). Penunjukan Budi juga...

LG Rilis Proyektor Portable CineBeam Untuk Profesional Muda

Jakarta,Selular.ID - LG Electeonics kembali menghadirkan proyektor varian terbaru dari jajaran CineBeam yakni seri PH30JG dan seri PF50KG. Menurut Ferdiansyah, Projector Product Marketing LG Electronics...

OPPO Find X Review: Kejutan Terindah

Jakarta, Selular.ID – Tahun ini Apple resmi mengumumkan iPhone XS, XR, dan XS Max. Kali pertama dalam sejarah, Apple mengusung fitur Dual SIM Card...

Jegal AirPods, Freebuds 2 Pro Tampakkan Diri

Jakarta, Selular.ID - Awal tahun 2018 ini, Huawei meluncurkan earphone bernama Freebuds Pro. Kini Huawei kembali menyiapkan earphone barunya yakni Freebuds 2 Pro. Dikutip dari...