Jakarta, Selular.ID – Android Go resmi meluncur pada Desember tahun lalu. Sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat low-end atau smartphone murah ini sudah tersedia dan dapat digunakan para vendor termasuk pengembang sejak akhir 2017.

Namun hingga memasuki bulan kedua, belum terlihat smartphone yang menggunakan Android Go.

Berhembus kabar, seperti dilaporkan Android Authority, bahwa ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 Barcelona yang tinggal beberapa hari kedepan ini menjadi moment untuk menunjukan smartphone tersebut.

BACA JUGA:  Coolpad Illumina dengan Android Oreo Go Edition Rp600.000

Ditulis Google, mulai minggu depan, publik akan melihat ponsel pertama Android Oreo (Go edition), dan akan segera tersedia untuk di miliki, begitu isi postingan Google di blognya.

BACA JUGA:  Galaxy J2 Core, Android Go Pertama Samsung Edar di Indonesia

Sesuai fungsinya, sistem operasi ini akan ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah. Oleh sebab itu, meski berbasis Android Oreo, sistem operasi ini sudah didesain untuk berjalan optimal pada perangkat dengan RAM 512MB atau 1GB.

Tidak hanya menggunakan sistem operasi Android Go (Oreo), ponsel itu juga difasilitasi dengan aplikasi Google edisi Go. Berbagai aplikasi Google juga dirancang untuk mendukung ponsel Android Go seperti YouTube Go, Gmail Go, hingga Maps Go.

BACA JUGA:  Galaxy J2 Core, Android Go Pertama Samsung Edar di Indonesia

Deretan aplikasi tersebut dirancang memangkas lebih sedikit memori pada ponsel, sehingga tetap bisa berjalan lancar meski menggunakan ponsel low-end termasuk ponsel Android Go.