Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan akan pengisi daya portable untuk smartphone (powerbank) menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari di tengah aktivitas mobile yang cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan pengguna smartphone tidak ingin perangkatnya kehabisan daya saat sedang beraktivitas di manapun dirinya berada.

Namun sayangnya meaki telah menjadi kebutuhan utama, pengguna smartphone maaih belum memahami bagaimana memlih powerbank yang benar dan tepat sesuai kebutuhan.

Menurut Denny, produsen Powebank merk Delcell, ada dua hal yang harus diperhatikan saat membeli powerbank.

1Harus ada garansi real capacity.

Hal ini dikarenakan banyak powerbank yang dijual di pasaran tidak memiliki kesesuaian antara kapasitas yang tercantum dengan kapasitas sebenarnya.

Misalnya saja kapasitas yang tertera menyebutkan bahwa powerbank tersebut berkemampuan 10.000mAh padahal kapasitas yang sesungguhnya hanya 6.000mAh saja.

Hal ini terjadi mengingat masyarakat Indonesia pada umumnya hanya menginginkan powwrbank dengan harga murah tetapi kapasitasnya besar.

“Kalau ada yang menawarkan powerbank harga murah tapi kapasitasnya beaar baiknya hati-hati karena biasanya tidak sesuai kapasitasnya,” kata Denny.

2Harus ada garansi layanan.

Powerbank yang bagus biasanya produsen beraniemberilan garansi terhadap produk yang dijualnya. Baik garansi perbaikan maupun penggantian.

“Karena produsennya yakin produk yang dijual memiliki kuutas yang bagus jadi berani meberikan garansi,” terang Denny.

Powerbank yang bagus dikatakan Denny biaaanya memiliki umur pakai (lifecycle) sebanyak 500 kali penggunaan. Jadi kalau sala sehari hanya sekali dipakai, powerbank tersebut mampu bertaha hampir dua tahun. Barulah setelah itu kapasitasnya mulai berkurang.