Jakarta, Selular.ID – Sudah dua tahun bergulir android Nougat masih menjadi OS yang cukup diandalkan penggunannya meskipun saat ini telah hadir seri Oreo.

Seperti dilaporkan The Verge, Android Nougat telah melampaui Marshmallow dan Lollipop bahkan menjadi OS kedua yang banyak digunakan pengguna. Per Februari, adopsi Android Nougat berada di puncak daftar OS yang digunakan pengguna.

Android Nougat 7.0 mencatat pertumbuhan 1,2% menjadi 22,3%. Nougat versi 7.1 pun meningkat 1 poin menjadi 6,2%.

Android Oreo 8.0 tampak tumbuh cukup lambat dengan peningkatan hanya 0,8% saja, dan versi 8.1 sebesar 0,3%. Artinya, Oreo hanya diadopsi oleh sekira 1,1% perangkat saja. Meski begitu, jumlah tersebut meningkat ketimbang Oktober 2017 yang hanya 0,2% saja.

Baca Juga:  Penjualan Speaker Pintar Google Kalahkan AmazonĀ 

Marshmallow yang sebelumnya merajai OS Android di kalangan pengguna turun 0,5% menjadi 28,1. Serupa dengan Marshmallow, Lillipop juga mencatatkan penurunan adopsi menjadi 24,6%.

KitKat sendiri diadopsi dengan persentase 12% dan Jelly Bean 5%. Sementara itu, Android Ice Cream Sandwich diadopsi dengan persentase 0,4% dan Gingerbread sebesar 0,3%.

Data tersebut diperoleh dari berbagai perangkat yang mengakses Play Store selama periode tujuh hari. Periode itu sendiri berakhir pada 5 Februari.

Nougat memboyong fitur-fitur keren dan lebih menarik yang tak dapat dijumpai pada Android Marshamallow dan OS Android versi sebelumnya. Android Nougat ini adalah pembaruan dari Android Marshmallow. Jadi bisa dipastikan performanya juga semakin lebih baik.

Baca Juga:  Aplikasi Google Lens Hadir di Play Store

Project Svelte
Fitur ini menjadikan penggunaan mengurangi kinerja RAM menjadi lebih minim sehingga menjadikan perangkat lebih hemat baterai. Tak heran apabila nanti banyak perangkat smartphone Android Nougat yang mempunyai performa baterai lebih hebat dibandingkan dengan smartphone lain.

Virtual Reality
Virtual Reality atau disingkat VR merupakan salah satu teknologi yang tengah memuncak saat ini. Google ternyata juga tidak mau kalah dengan meluncurkan platform Virtual Reality bernama Google Daydream. Google ingin membangun sebuah eks-sistem teknologi VR yang keren dan menyenangkan.

Baca Juga:  September, Qualcomm Luncurkan Chipset Untuk Smartwatch

Multitasking
Fitur semacam itu sekarang telah hadir di OS Android Nougat sehingga pengguna Android bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Night Mode
Fitur ini memungkinkan layar meredup dengan otomatis ketika digunakan sehingga mengurangi efek yang bisa merusak mata.

Notifications
Dengan fitur ini, pengguna bisa langsung membuka dan membalas pesan masuk langsung lewat notifikasi tanpa perlu membuka aplikasi. Selain itu juga terdapat fitur bundle notifikasi yang bisa mengelompokkan notifikasi-notifikasi tertentu.

Android Nougat merupakan sistem operasi Android yang resmi hadir pada 23 Agustus 2016 dan dapat diunggah dengan sistem OTA atau over-the-air untuk sejumlah perangkat yang kompatibel.