Sunday, September 22, 2019
Home News Rumour Google Sedang Siapkan Fuchsia OS Baru Penerus Android 

Google Sedang Siapkan Fuchsia OS Baru Penerus Android 

-

dims
Jakarta,Selular.ID – Satu lagi sistem operasi yang bakal siap diluncurkan oleh Google. Sistem operasi bernama Fuchsia kini dikabarkan tengah dalam proses pengerjaan oleh Google. Keberadaan OS Fuchsia ini memang masih dirahasiakan oleh Google. Namun keberadaannya terendus pada Agustus tahun lalu saat masih berupa command line.

Fuchsia menampakkan diri dalam bentuk bocoran antarmuka sistem operasi (UI) berkodenama “Armadillo”. Homescreen Fuchsia menampilkan kartu-kartu atau cards yang bisa digulir secara vertikal.

Di bagian tengah layar ada semacam tempat untuk foto profil pengguna, tanggal, nama kota, dan ikon baterai. Di atasnya terdapat kartu stories yang berfungsi seperti recent apps di Android.

Berbeda dari Android dan Chrome OS sebelumnya, Fuchsia tak menggunakan kernel Linux, tapi microkernel baru bernama Magenta yang dikembangkan oleh Google. Dikabarkarkan Magenta menyasar ponsel dan PC modern dengan prosesor berkinerja tinggi.

Fuchsia berbasis kode open-source sehingga masih bebas diutak-atik. SDK yang digunakan adalah Google Flutter yang bisa dipakai menulis aplikasi Android dan iOS.

Google juga masih sangat merahasiakan lebih jauh soal Fuchsia. OS baru tersebut mungkin masih butuh waktu sebelum siap dilepas. Itu pun kalau benar akan dirilis.

Tapi tetap ada kemungkinan Fuchsia akan menjadi penerus Android atau Chrome OS. Android dulu juga bermula sebagai sistem operasi yang dikembangkan untuk kamera digital.

Latest