Wednesday, October 16, 2019
Home News ​Bekraf: Developer Harus Buat Game Dengan Konten Kearifan Lokal 

​Bekraf: Developer Harus Buat Game Dengan Konten Kearifan Lokal 

-

Jakarta, Selular.ID – Kontribusi  game mobile lokal di Indonesia saat ini masih kurang dari satu persen, padahal industri game mobile khususnya game lokal masuk dalam industri kreatif yang cukup berpengaruh jika digarap dengan baik. Hal ini berkaca dari pertumbuhan smartphone di tanah air.
Walaupun pertumbuhannya masih kurang dari satu persen, game mobile lokal ditargetkan mampu berkontribusi 20% di tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Hari Sungkari Deputi Infrastruktur Bekraf, menurutnya saat ini Indonesia memiliki 42 ribu developer lokal yang terdaftar, dari jumlah developer itu 25%nya adalah developer game, dengan jumlah developer yang terus bertambah, Hari yakin pangsa pasar game mobile akan berkontribusi sesuai yang diharapkan.

“Game lokal banyak yang sukses digoogle play, seperti tahu bulat dan game mari belajar, game ini jauh dari genre game global tapi bisa mendulang sukses,”, ujar Hari di sela-sela Telkomsel Indonesia Games Championship (23/02/16).

Dikatakan Hari untuk tahu bulat hingga hari ini yang mendownload mencapai tiga juta uset, sementara game mari belajar sudah diunduh 20 juta user. Dari segi permainan kedua game ini temanya kebiasaan yang mudah dijumpai di kehidupan sehari-hari di Indonesia.

“Jangan berpatokan pada game Poin Blank atau membuat game yang mirip game global, karena itu susah bersaingnya, buatlah game yang kental akan nilai budaya Indonesia dsn kearifan lokal yang tidak sama,” kata Hari.

Untuk memajukan industri game mobile di Indonesia, Bekraf melakukan akselerasi untuk meningkatkan kemampuan, kualitas dan animo para developer game lokal agar bisa memanfaatkan potensi pasar yang menjanjikan tersebut. Termasuk dengan menyelenggarakan Bekraf Game Prime yabg diselenggarakn pada 29-30 November tahun lalu.

Hari juga menambahkan, agar bisa bersaing, Bekraf menekankan pentingnya konten lokal dalam pengembangan game di tanah air. Sebab, dengan kearifan lokal tersebut akan memudahkan diterima para users di tanah air.

Latest