Thursday, April 25, 2019
Home News ​Survey : Blogger dan Selebiriti Beri Pengaruh Penting Konten Video

​Survey : Blogger dan Selebiriti Beri Pengaruh Penting Konten Video

-

Jakarta, Selular.ID – Tak diragukan lagi di era mobile internet saat ini, konten video sangat digemari masyarakat, terutama kalangan milenial. Berbagai survey menunjukkan, video mulai menggeser media konvensional lain, seperti media, cetak, dan radio. TV memang masih menjadi medium popular untuk mengkonsumsi hiburan dan berita.

Namun perbedaan dengan mengakses konten video terutama lewat perangkat mobile sudah sangat tipis. Dengan tren tersebut, brand sebaiknya tak lagi menargetkan prime time TV sebagai medium pemasaran utama. Namun bergeser ke perangkat mobile yang menawarkan prime time dengan waktu lebih panjang.

Hal ini sesuai dengan survey terbaru yang dilansir oleh APAC Kantar TNS. Terlihat keinginan kuat dari responden untuk mengonsumsi video online kapan saja dan dimana saja mereka inginkan. Survey bertajuk Connected Live, merupakan studi global mengenai sikap perilaku 70.000 pengguna internet di 57 negara, termasuk Indonesia.

Menurut temuan itu, connected consumer di seluruh APAC memiliki durasi menonton video lebih besar dari pada tahun-tahun sebelumnya. Orang-orang tersebut menikmati konten video dari berbagai sumber, mulai dari online TV, streaming konten seperti Netflix yang berbasis langganan, video bebas tonton di Youtube, hingga konten video yang disajikan melalui social  feeds mereka.

Sekitar 31% connected consumer menonton video online setiap hari rata-rata 1,1 jam, baik melalui channel gratis maupun berlangganan dan jaringan sosial. Meski begitu, tayangan TV masih mendominasi karena 94% dari konsumen menonton TV tradisional dengan rata-rata 2,4 jam sehari.

Di Indonesia sendiri, Connected Live menunjukkan sebanyak 33% connected consumer punya kebiasaan menonton konten video yang berasal dari Youtube. Proporsi itu tertinggi di antara negara-negara APAC, diikuti Malaysia 28% dan Vietnam 25%. Tak hanya itu, hampir setengah (42%) dari mereka yang membaca posting brand di Facebook.

“Hal ini memberikan peluang yang lebih tinggi bagi pemilik brand untuk menciptakan hubungan yang memiliki dampak yang lebih berarti dengan konsumen di platform social oniline”, ujar Direktur APAC Kantar TNS, Zoe Lawrence.

Temuan lain menunjukkan, blogger dan selebriti memberikan pengaruh penting terhadap publikasi video. Tak tanggung-tanggung sebanyak 30% connected consumer di Indonesia mengonsumsi konten video di Youtube setiap minggunya. Ini adalah yang tertinggi karena secara-rata konten yang sama hanya dinikmati 23% di negara-negara APAC lainnya. 

Tren tersebut menunjukkan, bahwa penggunaan influencer masih merupakan strategi yang dapat diandalkan untuk meraih ketertarikan sekaligus menjalin koneksi dengan connected consumer di Indonesia.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest