SHARE

Galaxy-Tab-A-2016

Jakarta, Selular.ID – Samsung tetap komitmen pada produk tabletnya dengan meluncurkan tablet baru, Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016). Membawa desain yang serupa dengan pendahulunya, kini tablet A 7.0 sudah dibekali dengan koneksi 4G/LTE.

Kelebihan: 
– Koneksi 4G/LTE
– Dimensi Pas ditangan
– Tersedia Kids mode

Kekurangan:
– Hasil kamera kurang mumpuni
– kinerja standart

Desain

Secara desain tampilan desain pada tablet ini terbilang sederhana pada bagian depan pengguna akan disuguhkan layar luas dengan satu tombol fisik home dengan dua tombol sentuh (recent apps dan back) pada bagian depan. Sementara untuk bagian belakang, Samsung mempercayakan material plastik untuk menutup bodinya.

Tombol power di bagian kanan bersama tombol volume. Sedangkan disebelah kiri terdapat slot SIM card dan MicroSD. Pada bagian atas, terdapat port micro USB yang berdampingan dengan port audio 3.5 mm.

Layar

Datang dengan layar IPS seluas 7 inci, Galaxy Tab A7 (2016) mampu merespons sentuhan hingga 10 titik secara bersamaan. Dengan resolusi 1024 x 600 piksel, layar pada tablet ini memiliki kerapatan sekitar 216 piksel. Dengan kualita layar yang dimilikinya terbilang cukup tajam dan jernih baik saat bermain game.

Menggunakan platform Android Lollipop 5.1.1, Samsung tetap menambahkan interface TouchWiz UI sebagai antarmuka utamanya. Anda dapat memilih efek unlock Tab A7 (2016) dengan masuk ke pengaturan lock screen.

interface

Selanjutnya

[nextpage title=”Interface”]

Interface

Melihat tampilannya pada halaman depan Tab A7 (2016) terdiri dari satu panel homescreen yang berisi widget cuaca serta beragam shortcut menuju kamera, SMS, telepon, kontak dan S Planer. Pada sudut kiri bawah terdapat akses ke file manager, sementara pada sudut kanan tersemat akses menuju app drawer.

Memasuki menu, Anda akan disambut dengan halaman menu yang ditata dalam format grid horisontal.Anda juga dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan abjad. Fitur multiwindows yang jadi andalan Samsung juga turut hadir disini. Berbeda dengan produk Samsung lainnya, Tab 3V hanya memiliki sedikit aplikasi bawaan seperti Line, S Lime, Salaam, Kakatu, Galaxy Apps dan S Planners.

Ada satu fitur yang cukup menarik perhatian SELULAR yakni Galaxy Essential yang terdiri dari beberapa aplikasi pilihan yang salah satu diantaranya adalah Kids Mode. Fitur ini menawarkan perlindungan tablet dari anak-anak. Dengan fitur ini, memungkinkan para orang tua untuk mengontrol aplikasi dan fitur apa saja yang bisa diakses oleh anak. Tersemat pula aplikasi editor foto yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan hasil foto yang didapatkan.

Selanjutnya sebelumnya

[nextpage title=”Kinerja”]

Kinerja

Untuk menunjang performanya, Samsung Galaxy Tab A7 (2016) dibekali dengan chipset besutan Spreadtrum SC7731, dengan kekuatan empat inti berkecepatan 1.5 GHz. Untuk dukungan grafis Samsung mempercayakannya dengan dukungan grafis Mali-400 MP.

Kinerja

Untuk menambah perfoma saat menjalankan aplikasi secara multitasking, tablet ini sudah termasuk RAM 1.5GB dan kapasitas memory internal sebesar 8GB. Meski kapasitas memori internal terbilang kecil, pengguna masih dapat menambahkannya melalui slot memori eksternal hingga 200GB.

Tak jauh berbeda dengan smartphone Samsung yang menggunakan chipset Spreadtrum, Galaxy Tab A7 (2016) memiliki performa yang cukup baik ketika digunakan dalam beragam aktivitas seperti browsing, bermain game, serta menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa adanya kendala.

Ketika SELULAR menguji dengan dua aplikasi benchmark yang bernama Antutu dan Geekbench 3. Hasil yang didapatkan cukup baik. Skor Antutu yang didapatkan dalam beberapa kali ujicoba didapatkan skor tertinggi mencapai 25 ribu-an.

Selanjutnya sebelumnya

[nextpage title=”Koneksi 4G/LTE”]

Koneksi 4G/LTE

Salah satu nilai plus yang tersedia pada Samsung Galaxy Tab A7 2016 adalah hadirnya jaringan 4G LTE. Meski didesain dalam sebuah tampilan tablet, perangkat ini dapat digunakan layaknya sebuah ponsel pintar. Namun, perangkat ini hanya menyediakan satu slot SIMcard saja.

Internet

Namuh hal itu dirasa sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam bersosialisasi ataupun melakukan aktivitas menonton video secara online. Tersedia pula dukungan WiFi, Bluetooth dan port microUSB yang bisa digunakan untuk mendukung aktivitas si pemilik.

Selanjutnya sebelumnya

[nextpage title=”Multimedia”]

Multimedia

Fasilitas hardware lain yang cukup menjanjikan adalah dukungan baterai yang memiliki kapasitas yang cukup besar yang bisa digunakan dalam 1 hari untuk pemakaian normal seperti chatting, browsing dan membaca e-book dalam 1 kali pengisian baterai.

Pemutar musik Tab 3V menggunakan Play Music dengan kemampuan memutar beragam format audio populer lengkap dengan equalizer. Anda dapat memilih preset yang disediakan atau mengaturnya secara manual.

Kamera-2

Untuk menyajikan suara yang pas dengan selera, Anda juga dapat menyematkan earset yang disertakan untuk mengaktifkan Tube Amp. Berbeda dengan pendahulunya, Tab A7 2016 kini sudah memberikan akses kepada pengguna untuk menikmati siaran Radio. Untuk membunuh rasa jenuh, Radio FM yang tertanam mampu menghilangkan rasa jenuh pengguna ketika tidak melakukan banyak aktivitas.

Kamera

Sementara untuk pemutar video, mengusung fitur yang sama dengan Galaxy Tab 3V. Samsung juga menyediakan fitur Pop Up Video Play juga dapat Anda nikmati disini. Di sisi lain, Samsung juga membekali Tab A7 2016 dengan kemampuan untuk menampilkan subtitle serta mengatur tingkat kecerahan layar.

Sebagai perangkat tablet PC, Samsung hanya menyediakan fasilitas fotografi yang bisa dibilang seadanya. Dengan balutan sensor kamera 5 megapiksel dibagian belakang dan 2 megapiksel dibagian depan . Tak hanya itu, perangkat ini tidak disematkan LED flash untuk mendukung aktivitasnya.

Kamera

Kualitas kamera yang didapatkan terasa mengecewakan. Meski dalam kondisi cahaya yang berlimpah, perangkat ini tidak mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih dan tajam. Nilai plusnya baik kamera belakang dan kamera depan yang tertanam sama-sama dibekali kemampuan merekam video dengan kualitas HD. 

sebelumnya
REVIEW OVERVIEW
Desain
7.5
Layar
7
Interface
7.5
Multimedia
7
Kamera
6
Kinerja
6
Konektivitas
7
Baterai
6.5
SHARE
Previous articleIni Dia Smartphone Terbaik Harga di Atas Rp 5 Juta
Next articleMeizu Siapkan Enam Smartphone Tahun Depan

Product reviewer at Selular.ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here